Pengembangan media video pada pembelajaran IPA materi alat peredaran darah manusia kelas v di SDLB-B YPTB Malang / Agus Imam Al Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pada pembelajaran IPA materi alat peredaran darah manusia kelas v di SDLB-B YPTB Malang / Agus Imam Al Hakim

Al Hakim, Agus Imam (2011) Pengembangan media video pada pembelajaran IPA materi alat peredaran darah manusia kelas v di SDLB-B YPTB Malang / Agus Imam Al Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Video Siswa Tunarungu SDLB-B. Anak tunarungu dalam proses belajar kesulitan menggunakan indera pendengaran yang merupakan organ vital dalam proses belajar pembelajaran mereka dapat berkomunikasi dengan cara melihat gerak bibir (lip reading) lawan bicaranya dengan istilah pemata . Dalam wawancara dan observasi peneliti dengan guru kelas SDLB-B proses pembelajaran bagi siswa tunarungu perlu ditunjang suatu media pembelajaran kreatif dan inovatif agar anak bisa menyerap materi dengan baik. Observasi awal ini peneliti berpendapat bahwa media pembelajaran sangat penting bagi anak tunarungu yang lebih mengutamakan penglihatan dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan memvisualisasikan hal-hal yang abstrak ke bentuk yang kongkret. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan video pembelajaran bagi siswa tunarungu yang sesuai dengan karakteristik dan kesulitan belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) tunarungu (2) produksi/membuat video pembelajaran hasil pengembangan tentang peredaran darah dan bahan penyerta (3) mendiskripsikan uji validasi video pembelajaran. Produk yang peneliti harapkan dalam pengembangan media video pembelajaran untuk siswa tunarungu harus sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa tunarungu yaitu (1) menghasilkan produk video pembelajaran (2) menghasilkan bahan penyerta video pembelajaran (3) merupakan media yang aman bagi siswa berupa keping VCD/DVD (4) media video pembelajaran ini harus bersifat fleksibel dapat digunakan secara klasikal kelompok maupun individual . Hasil validasi pengkaji materi mencapai 93 33%. Hasil validasi oleh pengkaji media 96 67%. Secara keseluruhan angket untuk pengkaji PLB mencapai 94 17%. Angket untuk pengguna yang diwakili oleh perseorangan dan kelompok siswa SDLB-B yang mempunyai keunikkan dan kekhususan belajar 92 5%. Rata-rata validasi oleh pengkaji materi media PLB dan pengguna 94 2% berdasarkan Sudjana antara 80%-100% dikatakan valid. Sehingga media video pembelajaran ini sangat sesuai dan layak digunakan untuk siswa tunarungu tanpa revisi. Berdasarkan hasil pengembangan media video pembelajaran maka pengembang dapat memberikan beberapa saran (1) bagi guru SDLB-B Media video pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran (2) bagi sekolah media video pembelajaran ini dapat dijadikan sumber pembelajaran yang inovatif (3) bagi Kepala Sekolah SDLB sebagai acuan mendorong kepada guru-guru untuk menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran (4) Untuk peneliti lebih lanjut bisa lebih mengembangkan ke materi donor darah cara donor darah dan pengemasan video pembelajaran bisa digabungkan dengan macromedia flash.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104003

Actions (login required)

View Item View Item