Penerapan model pembelajaran konsiderasi untuk meningkatkan hasil belajar PKn pokok bahasan gotong royong siswa kelas II MI Ma'arif Ngering Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / M. Zainal Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran konsiderasi untuk meningkatkan hasil belajar PKn pokok bahasan gotong royong siswa kelas II MI Ma'arif Ngering Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / M. Zainal Arifin

Arifin, M. Zainal (2011) Penerapan model pembelajaran konsiderasi untuk meningkatkan hasil belajar PKn pokok bahasan gotong royong siswa kelas II MI Ma'arif Ngering Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / M. Zainal Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penerapan Model Konsiderasi Hasil Belajar PKn SD. PKn merupakan mata pelajaran yang memegang peranan penting karena berhubungan dengan sikap atau mental anak dimasa yang akan datang. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PKn harus dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa di MI.Ma arif Ngering Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan belum menerapkan model pembelajaran konsiderasi. Berdasarkan hal tersebut model pembelajaran konsiderasi sangat tepat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran karena dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran konsiderasi dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV MI.Ma arif Ngering 2) mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran konsiderasi terhadap aktivitas dan partisipasi siswa kelas II MI.Ma arif Ngering 3) mendeskripsikan peningkatan Hasil belajar PKn pada pokok bahasan sistem pemerintahan provinsi melalui model pembelajaran konsiderasi siswa kelas IV MI.Ma arif Ngering. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan Perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Standar nilai ketuntasan minimal 75 dengan ketuntasan belajar kelas 80% dari jumlah subyek penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru dan 26 siswa kelas II MI.Ma arif Ngering. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara APKG II alat Penilaian aktivitas belajar siswa pedoman observasi partisipasi siswa dalam konsiderasi dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran bermain peran pada pembelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan provinsi siswa kelas II MI.Ma arif Ngering dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh siswa sebelum penerapan model pembelajaran konsiderasi post test siklus I dan post test siklus II yang terus mengalami peningkatan. Saran yang disampaikan kepada guru yaitu agar dapat menerapkan model pembelajaran konsiderasi pada pembelajaran PKn dengan kompetensi lain ataupun mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104002

Actions (login required)

View Item View Item