The use of WPS in developing studentsÔÇÖ writing skill and their responses in the implementation / Tia Ayu Zulaekha - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of WPS in developing studentsÔÇÖ writing skill and their responses in the implementation / Tia Ayu Zulaekha

Zulaekha, Tia Ayu (2018) The use of WPS in developing studentsÔÇÖ writing skill and their responses in the implementation / Tia Ayu Zulaekha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zulaekha Tia Ayu. 2018. Penggunaan WPS dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis Siswa dan Respon Mereka terhadap Implementasinya. Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd Kata Kunci keterampilan menulis aktivitas menulis write pair share point ilustration explanation koreksi sesama teman recount teks Sebagian besar pembelajar bahasa di Indonesia kebanyakan kesulitan menulis dalam bahasa Inggris. Mereka biasanya bingung dengan apa yang akan mereka tulis dan bagaimana menghasilkan ide-ide mereka menjadi bentuk tertulis. Masalah-masalah di atas juga ditemukan di kelas VIII-A SMPN 2 Malang. Waktu peruntukan untuk pelajaran bahasa Inggris sebagian besar digunakan untuk kegiatan membaca mendengar dan berbicara. Artinya waktu peruntukan belajar menulis terbatas. Menulis diajarkan hanya dua hingga empat kali dalam satu semester karena mereka lebih sering diminta untuk melakukan latihan di buku pelajaran daripada diminta untuk menghasilkan tulisan mereka. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan bahwa sebagian besar tulisan siswa masih dalam level adil dan nilai tulisan mereka masih rendah. Fakta-fakta ini mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa masih bingung dengan apa yang akan ditulis dan bagaimana menghasilkannya secara tertulis. Untuk mengatasi masalah ini peneliti mengimplementasikan Write Pair Share (WPS) sebagai tahapan dalam kegiatan menulis dan Point Illustration Explanation (PIE) sebagai teknik penulisan. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti melakukan penelitian ini dalam satu siklus yang terdiri dari lima pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIII-A di SMPN 2 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis daftar pengamatan catatan lapangan dan kuesioner. Data yang diperoleh dari instrumen dianalisis dan dibandingkan dengan indikator kriteria keberhasilan yaitu (1) minimum dari nilai rata-rata mereka harus 8805 77 (2) setidaknya 93% dari siswa harus mendapatkan skor 8805 77 . Temuan penelitian mengungkapkan bahwa nilai rata-rata siswa setelah pelaksanaan adalah 80 4. Ini menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas lebih dari skor minimum standar (77). Selain itu 93% dari siswa atau 26 dari mereka mendapat skor 77 dan lebih dari 77. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa penelitian ini telah memenuhi kriteria keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan WPS dapat meningkatkan kemampuan siswa VIII-A di SMPN 2 Malang dalam menulis teks recount. Studi ini mengusulkan beberapa saran untuk guru bahasa Inggris dan peneliti lebih lanjut. Untuk guru Bahasa Inggris SMPN 2 Malang hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan untuk menerapkan strategi WPS sebagai solusi masalah penulisan siswa di kelas. Yang terakhir peneliti mempersilahkan para peneliti masa depan untuk menjadikan penelitian ini sebagai referensi untuk melakukan studi lebih lanjut dalam memecahkan masalah penulisan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10400

Actions (login required)

View Item View Item