Pengembangan multimedia pembelajaran sains pokok bahasan sumber daya alam di SD Muhammadiyah Sidayu Gresik / Nur Yanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran sains pokok bahasan sumber daya alam di SD Muhammadiyah Sidayu Gresik / Nur Yanita

Nur (2010) Pengembangan multimedia pembelajaran sains pokok bahasan sumber daya alam di SD Muhammadiyah Sidayu Gresik / Nur Yanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sains Media CD Interaktif merupakan perwujudan dari multimedia. Multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran dapat menimbulkan manfaat atau nilai tertentu karena dalam penyampaianya memadukan unsur audio visual serta interaktifitas sehingga dapat menarik minat pengguna. Berdasarkan observasi awal di lapangan di sekolah SD Muhammadiyah Sidayu Gresik hanya menggunakan metode ceramah atau lisan dan media sederhana yang berupa buku cetak dalam proses pembelajaran meskipun di sana tersedia sarana belajar yang memadahi selain itu juga metode lain yang digunakan adalah dengan memberikan tugas yang ada dalam buku cetak. Penyampaian materi dengan menggunakan metode-metode tersebut dirasa kurang efektif karena hanya neningkatkan kemampuan kognitif verbalnya saja. Waktu yang terbatas dan banyaknya materi-materi sumber daya alam jika hanya menggunakan media sederhana dan metode lisan dalam penyampaianya akan terasa menoton dan membosankan. Dalam materi sumber daya alam juga terdapat pokok bahasan mengenai macam-macam sumber daya alam materi tersebut banyak terdapat gambar macam-macam sumber daya alam beserta hasilnya yang apabila visualnya dipadukan dengan gerakan-gerakan dan audio akan lebih menarik dan meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pengembangan multimedia dirasakan cocok untuk memecahkan masalah tersebut di atas karena multimedia mempunyai unsur-unsur yang berupa teks gambar serta audio sehingga banyaknya materi akan tersampaikan dalam waktu yang tidak lama. Oleh karena itu perlu adanya penyediaan sumber belajar yang berupa multimedia yang didesain dalam bentuk CD Interaktif . Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk multimedia pembelajaran Sains SD kelas IV yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa SD Muhammadiyah Sidayu Gresik kelas IV A. jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif data kualitatif diperoleh dari vaidasi ahli media ahli materi dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa CD interaktif Mata pelajaran Sains pokok bahasan Sumber Daya Alam yang tevalidasi atau layak digunakan. Validasi tersebut dilakukan kepada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi tersebut adalah 1) data ahli media berdasarkan kriteria kelayakan multimedia pembelajaran dikatakan valid/layak digunakan dengan hasil persentase 83 75% 2) data ahli materi berdasarkan kriteria kelayakan multimedia pembelajaan dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase 84 6% 3) data siswa perseorangan kelompok kecil dan uji coba lapangan hasil yang diperoleh adalah 83 3% 89% dan 90 5% sehingga berdasarkan kriteria kelayakan multimedia pembelajaran dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran 4) pada data hasil pre-test dan post-test perseorangan terjadi peningkatan hasil belajar yang semula 66 7% menjadi 100% dengan demikian menurut kriteria kelayakan multimedia yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran 5) pada data hasil pre-test dan post-test siswa kelompok kecil terjadi peningkatan hasil belajar yang semula 66 7% menjadi 99 8% 6) pada data hasil pre-test dan post-test uji coba lapangan terjadi peningkatan hasil belajar yang semula 37 1% menjadi 80% dengan demikian menurut kriteria kelayakan multimedia yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah multimedia pembelajaran yang dikembangkan termasuk valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran pengembangan secara umum adalah (1)bagi Kepala Sekolah menginstruksikan kepada guru untuk menggunakan atau mengembangkan media-media yang sesuai(termasuk multimedia) (2) bagi Guru guru mata pelajaran hendaknya segera menggunakan multimedia pembelajaran dan lebih terampil dalam menggunakan dengan cara berlatih. (3) bagi Siswa siswa sebelum menggunakan media ini harus terlebih dahulu menguasai dalam mengoperasikan komputer. (4) bagi Pengembang yang lain diharapkan mengembangkan untuk pembelajaran yang lain (di kelas mata pelajaran materi pokok yang lain). Sedangkan saran secara khusus sebelum pelaksanaan hendaknya guru membaca pedomaan penggunaan menyiapkan sarana yang akan digunakan berlatih dalam menggunakan media. Selama pelaksanaan harus sesuai dengan pedoman pemanfaatan selalu mengecek siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Setelah pelaksanaan guru memperhatikan perubahan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item