Penerapan model pembelajaran peta konsep (concept mapping) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Nguling 3 Kabupaten Pasuruan / Nur Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran peta konsep (concept mapping) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Nguling 3 Kabupaten Pasuruan / Nur Hidayat

Hidayat, Nur (2011) Penerapan model pembelajaran peta konsep (concept mapping) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Nguling 3 Kabupaten Pasuruan / Nur Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peta konsep aktivitas belajar hasil belajar IPS SD. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Nguling 3 yang dilakukan peneliti ditemukan beberapa masalah pembelajaran diantaranya (1) Siswa mengalami kesulitan belajar IPS karena menghafal banyak materi (2) Hasil tes awal diperoleh rata-rata nilai kelas 59 93 (3) Guru tidak pernah menggunakan model pembelajaran pada dalam pembelajaran IPS (4) Siswa kurang termotivasi untuk mempelajari materi teknologi transportasi. Upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan model pembelajaran peta konsep (concept mapping) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Nguling 3 Kabupaten Pasuruan. Peta konsep bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi teknologi transportasi. Peta konsep juga dapat menolong guru mengorganisir seperangkat pengalaman belajar secara keseluruhan. Jadi peta konsep memudahkan siswa membuat catatan dan mengingatnya kembali. Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis McTaggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Nguling 3 Kabupaten Pasuruan berjumlah 26 siswa. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) lembar pengamatan aktivitas belajar (2) soal tes formatif (3) dokumentasi (4) catatan lapangan. Pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah (1) guru memilih topik atau bacaan untuk dibuat peta konsep (2) guru bertanya jawab dengan siswa untuk menemukan konsep-konsep utama (3) menyusun konsep-konsep tersebut yang paling umum dipuncak ke yang paling sederhana (4) menghubungkannya dengan kata-kata penghubung (5) siswa diberi tugas melengkapi contoh peta konsep yang dibuat guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan peta konsep hal ini diamati dengan lembar pengamatan aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat 3% dari siklus I ke siklus II. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa diketahui dari perolehan penilaian tes formatif. Ketuntasan siswa sebelum tindakan meningkat 31% pada siklus I kemudian dari siklus I meningkat 19% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran peta konsep pada pembelajaran IPS ini perlu dikembangkan namun tidak semua materi dapat dipilih untuk dibuat peta konsep. Karena itu guru perlu lebih selektif dalam pemilihan model pembelajaran IPS. Agar siswa tidak bosan dalam belajar disarankan untuk diberikan permainan dalam pembelajaran yang melibatkan semua siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103998

Actions (login required)

View Item View Item