Galanggoga, Ketsia (2011) Penerapan model quantum teaching rancangan tandur untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di SDN Madyopuro 2 Kota Malang / Ketsia Galanggoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sesuai dengan observasi langsung dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah serta tidak melibatkan siswa langsung dalam proses pembelajaran. Dari hasil penilaian 45 siswa kelas IV hanya 18 orang yang mencapai nilai standar ketuntasan (38 %) dan 27 siswa belum mencapai standar ketuntasan (62%) sesuai dengan SKBM yang ditetapkan guru mata pelajaran IPS SKBM yang ditetapkan oleh guru mata pelajaran IPS adalah 65 % (hasil wawancara langsung dengan kepala sekolah dan wali kelas IV tentang dokumen sekolah tahun 2010/2011). Model Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang menyenangkan dengan segala nuansanya. Quantum Teaching juga menyertakan segala kaitan interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar Quantum Teaching berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar (Lazanov 1978 dalam Deporter 2002). Rancangan tandur adalah singkatan dari tumbuhkan alami namai demonstrasi ulangi dan rayakan. Penelitian ini dilakukan di SDN Madyopuro 2 jalan raya Madyopuro 2 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang Propinsi Jawa Timur. Sedangkan waktu pelaksanaan penelitian ini mulai pada tanggal 21 Februari sampai dengan tanggal 21 April 2011. Peneltian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis Taggart. Dari data aktivitas dan hasil belajar pada siklus II maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas atau kerjasama dalam kelompok dan hasil belajar siswa yang tadi hasil belajar siswa nilai rata-ratanya hanya 57 44% meningkat menjadi 76.11 jadi dapat dibilang penelitian dengan menerapkan model quantum teaching ini berhasil. Dilihat dari hasil perlakuan tindakan siklus I dan II cenderung meningkat dengan sangat drastis. Sehingga model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa apabila diterapkan secara sistematis dan utuh. Hasil belajar siswa meningkat jika di bandingkan dengan hasil belajar sebelum diterapkan model quantum teaching dari hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru mata pelajaran IPS agar dapat menggunakan model quantum teaching dalam pembelajaran lebih khususnya IPS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |