Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VI SDN Pusungmalang Puspo Pasuruan / Eka Yessie Lovita M.S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VI SDN Pusungmalang Puspo Pasuruan / Eka Yessie Lovita M.S.

Lovita M.S., Eka Yessie (2011) Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VI SDN Pusungmalang Puspo Pasuruan / Eka Yessie Lovita M.S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning (PBL) Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS SD Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti terhadap pembelajaran IPS di kelas VI SDN Pusungmalang Puspo Pasuruan. Dari hasil pengamatan dan wawancara dengan beberapa siswa kelas VI diperoleh berbagai permasalahan yaitu (1) dalam mengajar guru tidak menggunakan media pembelajaran (2) metode yang digunakan guru hanya ceramah dan penugasan (3) guru tidak memberikan kesempatan siswa untuk menemukan sendiri pemecahan suatu masalah (5) hasil belajar yang dicapai siswa pada materi gejala alam secara klasikal hanya 53 6. Untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran IPS khususnya materi gejala alam diterapkan suatu model pembelajaran dimana siswa didorong dan diberi kesempatan seluas-luasnya untuk berinisiatif dan berfikir sistematis dalam menghadapi suatu masalah dengan menerapkan pengetahuan yang didapat sebelumnya melalui Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS dan (3) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS materi gejala alam kelas VI SDN Pusungmalang Puspo Pasuruan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan yaitu dari Februari sampai dengan April 2011. Subyek penelitian ini siswa kelas VI SDN Pusungmalang Puspo Pasuruan sebanyak 23 terdiri dari 8 laki-laki dan 15 perempuan.. Data penelitian diperoleh dari observasi wawancara dokumentasi dan hasil tes. Data yang terbentuk selanjutnya dianalisis melalui proses pemaparan data reduksi data pengelompokkan data refleksi dan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VI SDN Pusungmalang Puspo Pasuruan. Penerapan PBL oleh guru pada siklus I sebesar 75 3% dan siklus II menjadi 88 4% sehingga mengalami peningkatan sebesar 13 1%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67 8% dan pada siklus II menjadi 87 5% sehingga mengalami peningkatan sebesar 19 7%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76 dan siklus II menjadi 86 4 sehingga mengalami peningkatan sebesar 10 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103996

Actions (login required)

View Item View Item