Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang / Siti Ana Misula - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang / Siti Ana Misula

Misula, Siti Ana (2011) Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang / Siti Ana Misula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar Model Peta Konsep Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam yaitu (1) pembelajaran IPA masih menggunakan metode mencatat ceramah pemberian tugas (2) kurangnya kemampuan siswa untuk bertanya tentang materi yang dipelajari (3)ketika guru memberikan soal-soal latihan terdapat siswa yang duduk-duduk sambil tiduran tampak kurang semangat dalam belajar (4) nilai yang diperoleh siswa masih rendah (5) kesulitannya siswa mempelajari konsep-konsep IPA. Untuk itu perlu diadakan pembahasan dalam hal model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah peta konsepyaitu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep-konsep sendiri dengan mengkonstruksi pengetahuan dan pengalamannya ke dalam pengalaman baru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang (2) mendeskripsikan penerapan peta konsepuntuk meningkatkan aktivitasbelajar siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 kota Malang (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan peta konsepsiswa kelas V-A Tanjungrejo 2 Kota Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadaptasi dari Arikunto. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2Kota Malang dengan jumlah siswa 45 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2Kota Malang. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata pretes ke siklus I sebesar 59% dari siklus I ke siklus II sebesar 76% dengan ketuntasan belajar 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2Kota Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model peta konsep pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103995

Actions (login required)

View Item View Item