Penerapan model directive learning untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kedungkandang 1 Kota Malang / Sri Andayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model directive learning untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kedungkandang 1 Kota Malang / Sri Andayani

Andayani, Sri (2011) Penerapan model directive learning untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kedungkandang 1 Kota Malang / Sri Andayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model directive learning kreatifitas hasil belajar PKn SD Model directive learning merupakan suatu pendekatan mengajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Kreatifitas siswa dapat tumbuh dan dipupuk sejak usia dini terutama pada pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Hasil belajar PKn adalah hasil belajar yang dicapai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran PKn berupa seperangkat pengetahuan sikap dan keterampilan dasar yang berguna bagi siswa untuk kehidupan sosialnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif-interaktif yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemukan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilakukan secara bersiklus yang setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat natural deskriptif induktif dan menemukan makna dari suatu fenomena. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa SDN Kedungkandang 1 Kota Malang kelas V pada semester II tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 39 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penerapan model Directive Learning yaitu analisis prosentase dan analisis rata-rata. Kriteria ketuntasan minimal belajar yang digunakan dalam penelitian ini dianggap telah tuntas belajar apabila telah mencapai 75 % dari jumlah siswa. Model pembelajaran directive learning ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Langkah-langkah pembelajaran dalam model directive learning yang digunakan oleh guru dalam penelitian siklus I dan siklus II terbukti dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kedungkandang 1 Kota Malang (2) model directive learning yang diterapkan dalam penelitian ini dapat meningkatkan kreatifitas siswa (3) Hasil belajar PKn yang dicapai siswa menunjukkan peningkatan terbukti dengan pada siklus I meningkat 18% dari pra tindakan yaitu dengan rata-rata 74 02. Pada siklus II juga lebih meningkat 69 % dari siklus I yaitu dengan rata-rata 77 41. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model directive learning terbukti (1) dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kedungkandang 1 Kota Malang (2) kreatifitas siswa lebih meningkat dengan hasil pengamatan yang menunjukkan seluruh aspek dari kreatifitas tersebut mendapatkan kategori baik dan (3) hasil belajar siswa meningkat 87 % lebih tinggi nilainya daripada target minimal ketuntasan belajar 75 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103994

Actions (login required)

View Item View Item