Upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui kegiatan bercerita pada siswa kelas V SDN Sibon II Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Mujindra Novi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui kegiatan bercerita pada siswa kelas V SDN Sibon II Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Mujindra Novi Pratiwi

Pratiwi, Mujindra Novi (2011) Upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui kegiatan bercerita pada siswa kelas V SDN Sibon II Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Mujindra Novi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Keterampilan Berbicara Kegiatan Bercerita SD Kemampuan dalam menuturkan bahasa lisan dapat dilaksanakan secara langsung dengan mengucapkan dan menirukan dari ucapan orang lain. Keterampilan berbicara yaitu kemampuan menuangkan gagasan ide pikiran ke dalam bentuk lisan sesuai dengan kaidah-kaidah Bahasa Indonesia yang benar. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Sibon II Pasrepan menunjukkan bahwa hasil tes keterampilan berbicara melalui kegiatan bercerita siswa masih rendah dan belum memenuhi standar ketuntasan yang ditetapkan 70% untuk ketuntasan individual. Sedangkan analisis masalahnya adalah keterampilan berbicara dalam berbahasa Indonesia melalui kegiatan bercerita belum maksimal dikarenakan faktor bahasa individual siswa yang masih kedaerahan. Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran bercerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V dan peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui kegiatan bercerita pada siswa kelas V SDN Sibon II Kecamatan Pasrepan Pasuruan. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan daur ulang mulai tahap perencanaan pelaksanaan tindakan dan obsevasi/pemantauan refleksi yang diikuti dengan revisi/perencanaan ulang. Subyek penelitian yang digunakan adalah semua siswa Kelas V SDN Sibon II Kecamatan Pasrepan Pasuruan yang berjumlah 24 siswa. Dari keseluruhan siswa tersebut terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui kegiatan bercerita menunjukkan hasil yang semakin baik. Hal ini dapat di lihat pada nilai rata-rata siklus I mencapai 65 42 dan meningkat pada siklus II sebesar 73 33. Sehingga persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 50% meningkat pada siklus II menjadi 80%. Penerapan pembelajaran bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Sibon II Pasrepan Pasuruan. Dan keterampilan berbicara siswa melalui kegiatan bercerita telah mengalami peningkatan. Sehingga pembelajaran ini dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik dalam menggunakan dan mengucapkan kalimat dengan Bahasa Indonesia dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guru dapat memanfaatkan kegiatan bercerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara serta penggunaan metode pembelajaran yang divariasikan dengan metode lainnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103992

Actions (login required)

View Item View Item