Peningkatan hasil belajar PKn materi pokok lembaga pemerintahan menggunakan media komputer siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Malang / Dian Ariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn materi pokok lembaga pemerintahan menggunakan media komputer siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Malang / Dian Ariani

Ariani, Dian (2011) Peningkatan hasil belajar PKn materi pokok lembaga pemerintahan menggunakan media komputer siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Malang / Dian Ariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran PKn Media Komputer Hasil Belajar. Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru diperoleh temuan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu (1) media pembelajaran yang digunakan guru kurang variatif dan (2) siswa pasif dalam pembelajaran. Kelemahan tersebut disebabkan oleh pemahaman siswa kurang sehingga nilai hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan media pembelajaran komputer pada mata pelajaran PKn materi pokok lembaga pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Malang (2) penerapan media komputer dalam meningkatkan pemahaman konsep lembaga pemerintahan tingkat pusat pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Malang Penelitian ini dilakukan di SDN Tunggulwulung 3 Malang dengan subjek siswa kelas IV sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan pemahaman konsep lembaga pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Malang dengan menggunakan media pembelajaran komputer. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Tahapan dalam setiap siklusnya terdiri atas perencanaan tindakan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data wawancara observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep lembaga pemerintahan pada siswa meningkat dari setiap siklusnya dan dapat dilihat dari hasil akhir serta jumlah prosentase rata-rata nilai siswa. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai akhir rata-rata 62 4 atau 42 8% tingkat keberhasilannya dan pada pertemuan 2 diperoleh rata-rata nilai akhir 64 9 atau 52 3% tingkat keberhasilan siswa. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 73 3 yaitu 80 9% tingkat keberhasilan siswa dalam pemahaman konsep lembaga pemerintahan. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran komputer dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Malang dengan kompetensi dasar Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat seperti MPR DPR Presiden MA MK dan BPK dll . Dalam penerapan media komputer pada awalnya mengalami kesulitan pada perhatian siswa yang tertuju pada tampilan animasi namun hal tersebut dapat segera di atasi dan kegiatan belajarpun berjalan lancar. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan penerapan media pembelajaran komputer mata pelajaran PKn dengan materi pokok lembaga pemerintahan tingkat pusat maka saran yang diajukan antara lain pada saat mengajar hendaknya guru memperjelas langkah-langkah dan tujuan pembelajaran agar siswa mengerti maksud dari pembelajaran pada hari itu hendaknya guru memberikan reward yang bertujuan untuk memotivasi siswa dalam belajar dan hendaknya guru dapat mengkreasikan sendiri materi yang akan disajikan secara menarik dengan perpaduan animasi yang berganti-ganti sehingga siswa tidak bosan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103991

Actions (login required)

View Item View Item