Rahmawati (2011) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa kelas III SDN Toyomarto 01 Singosari Kabupaten Malang / Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Think Pair Share (TPS) Menulis cerita SD Siswa Sekolah Dasar (SD) khususnya siswa kelas III diharapkan dapat memiliki keterampilan menulis cerita dengan ejaan yang benar. Berdasarkan hasil penelitian awal tentang keterampilan siswa siswa kelas III SDN Toyomarto 01 dalam menulis cerita sangat rendah. Hal ini disebabkan karena guru kurang menerapkan metode strategi dan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dalam menulis cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN Toyomarto 01 Singosari Kabupaten Malang (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN Toyomarto 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Toyomarto 01 Singosari yang berjumlah 32 siswa dengan rincian laki-laki 16 anak dan perempuan 16 anak. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman observasi soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerita siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas III SDN Toyomarto 01 Singosari mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 mencapai rata-rata 66 Nilai tersebut masuk dalam kategori Cukup atau C dengan kriteria ketuntasan dapat dikatakan Tuntas . Sebanyak 20 siswa dari 32 siswa yang mengalami ketuntasan belajar sedangkan 12 siswa belum mencapai ketuntasan belajar pada pertemuan 2 rata-rata nilai kelas III naik menjadi 69. Nilai tersebut masuk dalam kategori Cukup atau C dengan kriteria ketuntasan dapat dikatakan Tuntas . Sebanyak 23 siswa dari 32 siswa yang mengalami ketuntasan belajar sedangkan 9 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II rata-rata nilai keterampilan menulis cerita meningkat menjadi 73. Nilai tersebut masuk dalam kategori B dengan kriteria ketuntasan dapat dikatakan Tuntas . Sebanyak 28 siswa dari 32 siswa yang mengalami ketuntasan belajar sedangkan 4 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah ditentukan oleh SDN Toyomarto 01 Singosari adalah 65. Ini berarti sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan. Pada penelitian ini nilai rata-rata siswa mencapai 73 ini berarti secara klasikal telah mengalami peningkatan keterampilan menulis cerita. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita di SDN Toyomarto 01 Singosari. Keterampilan siswa dalam menulis cerita mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan sampai siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian juga dapat disarankan agar penelitian yang serupa hendaknya dilakukan perbaikan-perbaikan agar diperoleh hasil yang lebih baik yaitu dengan memperbaiki kekurangan yang ada dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |