Penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visually, Intelectually (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran pada siswa kelas II SDN Sumbersari 2 Malang / Dian Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visually, Intelectually (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran pada siswa kelas II SDN Sumbersari 2 Malang / Dian Puspitasari

Puspitasari, Dian (2011) Penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visually, Intelectually (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran pada siswa kelas II SDN Sumbersari 2 Malang / Dian Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan Pendekatan SAVI Pembelajaran Matematika SD Pendidikan merupakan proses belajar mengajar yang dapat menghasilkan perubahan tingkah laku sesuai yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi yang ditemukan bahwa di SDN Sumbersari 2 Kota Malang khususnya pada kelas II belum pernah menerapkan pendekatan SAVI dalam pembelajaran Matematika. Guru menerapkan pembelajaran cenderung menggunakan cara yang kurang mengaktifkan dan memberi tantangan siswa. Akibatnya ada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Dari nilai siswa pada saat pratindakan diperoleh rata-rata 55 83 dan ketuntasan kelas 25 93%. Sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan pembelajaran perlu diterapkan pendekatan SAVI yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. karena dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI pada pembelajaran Matematika di kelas II SDN Sumbersari 2 Kota Malang 2) mendeskripsikan aktivitas siswa selama penerapan pendekatan SAVI pada pembelajaran Matematika di kelas II SDN Sumbersari 2 Kota Malang 3) Mendeskripsikan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Kota Malang melalui penerapan pendekatan SAVI. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas II SDN Sumbersari 2 Kota Malang banyaknya 27 siswa yang terdiri dari 8 siswi dan 19 siswa. Teknik pengumpulan data yakni obsevasi tes dan dokumentasi sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan SAVI untuk pembelajaran matematika siswa kelas II SDN Sumbersari 2 Kota Malang dengan standar kompetensi Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka dapat dilaksanakan sesuai dengan tahap persiapan penampilan pelatihan dan penyampaian hasil. Keaktifan siswa meningkat dari 40 74 pada awal siklus I menjadi 74 81 pada akhir siklus II. Peningkatan aktivitas sebesar 44 27%. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 55 83 dan ketuntasan kelas 25 93% sebelum tindakan menjadi rata-rata 76 3 dan ketuntasan kelas mencapai 82 14% pada akhir siklus II. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 19 22%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi peneliti lanjutan dalam melakukan pendekatan SAVI pada mata pelajaran Matematika perlu didukung dengan model pembelajaran yang lain untuk hasil yang lebih optimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103988

Actions (login required)

View Item View Item