Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Kebonsari 4 Kota Malang / Windra Septi Mulyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Kebonsari 4 Kota Malang / Windra Septi Mulyanti

Mulyanti, Windra Septi (2011) Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Kebonsari 4 Kota Malang / Windra Septi Mulyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Aktivitas Belajar Hasil Belajar Pembelajaran IPA di SD menekankan pemberian pengalaman belajar langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Pendekatan STM merupakan cara pandang bahwa siswa belajar menyusun pengetahuan melalui interaksi pribadi antara pengalaman dengan skema pengetahuannya Berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran IPA kelas III SDN Kebonsari 4 Kota malang dapat disimpulkan bahwa 1) guru kurang kreatif dalam menerapkan pendekatan pembelajaran 2) media pembelajaran dan sumber belajar kurang variatif dan inovatif 3) dalam skenario kegiatan pembelajaran keaktifan siswa kurang nampak dan 5) kepedulian siswa terhadap masyarakat dan lingkungannya rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan STM pada pembelajaran IPA dan peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan pendekatan STM pada pembelajaran IPA kelas III SDN Kebonsari 4 Kota Malang. Penelitain ini menggunakan pendekatan PTK. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Waktu penelitian bulan Pebruari sampai dengan Mei 2011 semester 2 tahun pelajaran 2010/2011. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kebonsari 4 Kota Malang sejumlah 40 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki 19 dan siswa perempuan 21. Teknik-teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian ini adalah pada siklus-1 rerata aktivitas belajar mencapai 6 68 dan siklus-2 mencapai 7 83 yang berarti meningkat sebesar 1 15. Sedangkan pada siklus-1 rerata hasil belajar mencapai 7 24 dan siklus-2 mencapai 8 11 yang berati meningkat 0 87. Ketuntasan pada siklus-2 mencapai 100%. Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pembelajaran IPA pada kelas III di SDN Kebonsari 4 kota Malang. Dengan demikian disarankan kepada guru hendaknya menerapkan pendekatan sains teknologi masyarakat khususnya dalam mata pelajaran IPA. Karena dapat menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar. Bagi peneliti lain dapat dijadikan bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103985

Actions (login required)

View Item View Item