Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi Direct Reading Thinking Activities (DRTA) di kelas III SN Sumberbendo I Kabupaten Kediri / Ari Kusuma Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi Direct Reading Thinking Activities (DRTA) di kelas III SN Sumberbendo I Kabupaten Kediri / Ari Kusuma Wijayanti

Wijayanti, Ari Kusuma (2011) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi Direct Reading Thinking Activities (DRTA) di kelas III SN Sumberbendo I Kabupaten Kediri / Ari Kusuma Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca pemahaman direct reading thinking aktivities Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas III SDN Sumberbendo I kabupaten Kediri kegiatan membaca pemahaman isi bacaan yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode tradisional yaitu baca dan kerjakan. Guru menyuruh siswa membaca bacaan dari buku teks dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan dan membahas secara bersama-sama. Kegiatan seperti ini sudah menjadi rutinitas belajar mereka di sekolah. Guru menggunakan metode yang kurang menarik dalam pembelajaran tersebut mengakibatkan siswa menjadi bosan dan ada pula yang mengantuk. Berdasarkan hasil tes menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar hanya 46%. Untuk itulah diperlukan alternatif perbaikan salah satunya adalah dengan strategi Direct Reading Thinking Aktivities (DRTA). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan strategi Direct Reading Thinking Aktivities dalam pembelajaran membaca pemahaman di kelas III SDN Sumberbendo I kabupaten Kediri dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas III SDN Sumberbendo I kabupaten Kediri melalui strategi Direct Reading Thinking Aktivities. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut (1) Penerapan strategi Direct Reading Thinking Aktivities dalam pembelajaran membaca pemahaman di kelas III SDN Sumberbendo I kabupaten Kediri siswa menjadi lebih mudah mengingat dan memahami isi bacaan dan (2) Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Sumberbendo I kabupaten Kediri melalui strategi Direct Reading Thinking Aktivities mengalami peningkatan yaitu ketuntasan hasil belajar dari pratindakan sampai siklus II meningkat sebesar 44%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar siswa membaca teks bacaan dengan berkonsentrasi supaya siswa dapat memahami isi bacaan dengan benar dan dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran serta guru dalam mengajak siswa memprediksi isi bacaan terlebih dahulu menentukan hal-hal penting yang akan disampaikan kepada siswa supaya terdapat kesesuaian urutan cerita antara hasil prediksi siswa dengan isi bacaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103984

Actions (login required)

View Item View Item