Peningkatan kemampuan menulis karangan melalui sharing media kliping berita pada siswa kelas IV SDN Ketawanggede I Kota Malang / Puji Tri Atmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis karangan melalui sharing media kliping berita pada siswa kelas IV SDN Ketawanggede I Kota Malang / Puji Tri Atmoko

Atmoko, Puji Tri (2011) Peningkatan kemampuan menulis karangan melalui sharing media kliping berita pada siswa kelas IV SDN Ketawanggede I Kota Malang / Puji Tri Atmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemampuan Menulis Karangan Sharing Media Kliping Berita SD. Kemampuan menulis karangan adalah kecakapan siswa untuk menulis karangan dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar tanda titik tanda koma dan unsure karangan (5W 1H) terdiri dari (What) apa yang dijelaskan (Where) dimana setting/lokasi/tempatnya (When) kapan peristiwa-peristiwa/kejadian berlangsung (Why) apa tujuan memaparkan data tersebut (How) bagaimana cerita itu dipaparkan). Hasil observasi di SDN Ketawanggede I kota Malang di kelas IVmenunjukkan masih banyak siswa yang belum mampu menulis secara benar. Mereka masih kesulitan dalam menyusun kalimat-kalimat menjadi sebuah paragraf yang utuh dan padu siswa kurang paham dengan penggunaan ejaan dan tanda baca siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan sebuah peristiwa secara runtut. Oleh Karena itu diperlukan pembahasan mengenai menulis karangan melalui sharing Media Kliping Berita. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) penerapan menulis karangan dengan menggunakan Sharing Media Kliping Berita pada siswa kelas IV SDN Ketawanggede I kota Malang (2) Peningkatan kemampuan menulis karangan siswa dengan menggunakan Sharing Media Kliping Berita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini menggunakan model peneliti sebagai guru dengan kerjasama kepada guru kelas sebagai observer pada saat peneliti melaksanakan tindakan (mengajar). Subyek penelitian ini adalah siswa SDN Ketawanggede I kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahapan dalam siklus tersebut dituangkan dalam tiap tahapan proses penulisan yang terdiri dari prapenulisan penulisan dan penyuntingan. Dalam penerapan pelaksanaan tindakan diterapkan tahapan-tahapan model Sharing Media Kliping Berita yang terdiri dari menilai karangan sharing media antar kelompok presentasi dan penulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan siswa meningkat yang dapat dilihat pada sebelum tindakan ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 27% pada siklus I ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 58% dan pada siklus II menunjukkan ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 100% dari KKM (66). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran Sharing Media Kliping Berita kemampuan siswa dalam pembuatan judul pemaparan informasi ketepatan penulisan EYD dan kesatupaduan dalam menulis karangan semakin meningkat dari siklus ke siklus berikutnya. Karangan yang ditulis siswa menjadi lebih baik lengkap susunan paragrafnya beruntun dari kalimat satu ke kalimat yang lain serta pola pengembangan isinya tepat. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk pembelajaran menulis karangan siswa dapat mengembangkan kemampuan menulis karangan tidak hanya pada menulis berita tetapi juga menulis jenis karangan yang lain bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dikembangkan dengan jenis yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103982

Actions (login required)

View Item View Item