Penerapan model quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Tulusrejo 02 Malang / Maya Puspita Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Tulusrejo 02 Malang / Maya Puspita Indah Sari

Sari, Maya Puspita Indah (2011) Penerapan model quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Tulusrejo 02 Malang / Maya Puspita Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Quantum Learning dan hasil belajar siswa. Model Quantum Learning sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya sehingga diharapkan dapat tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa. Berdasarkan observasi awal di SDN Tulusrejo 02 Malang diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V masih relatif rendah. Hal ini dapat dilihat dari Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan pada sekolah sebesar 70 permasalahan lainnya daya ingat siswa yang kurang. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang menarik yaitu dengan model Quantum Learning. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tulusrejo 02 Malang Standar Kompetensi Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model . Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mendeskripsikan penerapan model Quantum Learning 2) mendeskripsikan penerapan model Quantum Learning untuk meningkatkan aktivitas siswa 3) mendeskripsikan penerapan model Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan 1) aktivitas guru dari siklus I ke siklus II nialai rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu 86 11 dan pada siklus II nilai rata-rata aktivitas guru yaitu 91 63 2) aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II dimana nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 60 70 dan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 76.41 3) hasil belajar siswa yang diukur dengan skor rata-rata dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal dari pratindakan siklus I dan siklus II. Skor ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada pratindakan yaitu 25 64 pada siklus I yaitu 75 87 dan pada siklus II yaitu 82 78. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan pembelajaran siswa. Peneliti juga menyarankan pada seorang guru/peneliti lain untuk memperhatikan kesalahan yang dilakukan peneliti yaitu siswa yang terlalu banyak dan ruangan yang tidak terlalu besar sehingga sulit untuk menata ruangan yang digunakan untuk menerapkan model Quantum Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103981

Actions (login required)

View Item View Item