An evaluation of an English coursebook entitled ÔÇ£BrightÔÇØ for the eight graders / Zulfa Nur Aini

Aini, Zulfa Nur (2018) An evaluation of an English coursebook entitled ÔÇ£BrightÔÇØ for the eight graders / Zulfa Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Aini, Zulfa Nur. 2018. Sebuah Evaluasi dari Buku Ajar Bahasa Inggris yang Berjudul ÔÇ£BrightÔÇØ untuk Kelas 8. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Emalia Iragiliati, M.Pd, (II) Dra. Sri Andreani, M.Ed. Kata Kunci: buku ajar, evaluasi buku ajar. Coursebook adalah sebagai bahan pelengkap dalam kegiatan belajar mengajar menyediakan siswa dengan bahan tertulis dan rekaman. Dengan menggunakan coursebook sebagai panduan dalam belajar bahasa Inggris, para siswa akan dapat meningkatkan empat keterampilan penting dalam bahasa Inggris. Mereka adalah listening, speaking, reading, dan writing. Untuk meningkatkan kualitas buku ajar, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi buku bahasa Inggris yang berjudul "Bright" untuk kelas delapan menggunakan tujuh kriteria yang dipilih sebagai kriteria buku pelajaran bahasa Inggris yang baik. Yaitu (1) tujuan dan pendekatan, (2) desain, (3) organisasi, (4) konten bahasa, (5) keterampilan, (6) topik, dan (7) kelengkapan buku. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif. Peneliti mengembangkan daftar periksa untuk mengevaluasi buku dalam bentuk tabel yang terdiri dari 4 kolom: jumlah variabel, variabel kriteria, kolom "Ya" dan kolom "Tidak". Dalam menganalisis data, peneliti menghitung data dalam bentuk persentase. Pertama, peneliti menghitung jumlah "Ya" untuk total semua variabel kriteria dan membaginya dengan jumlah variabel dari semua kriteria dan kemudian dikalikan dengan 100% untuk mendapatkan keseluruhan hasil evaluasi dari buku pelajaran bahasa Inggris yang komunikatif. Kedua, peneliti menghitung jumlah "Ya" di setiap kriteria dan membaginya dengan jumlah variabel dalam setiap kriteria dan kemudian dikalikan dengan 100%. Hasilnya ditafsirkan sebagai 'Sangat Baik' (81% -100%, 'Baik' (71% -80%), 'Cukup' (61% -70%), dan 'Buruk' (60% -0%). Hasil dari penelitian buku bahasa Inggris yang berjudul "Bright" telah memenuhi 77% dari keseluruhan evaluasi dari buku pelajaran bahasa Inggris yang komunikatif dari tujuh kriteria dan dikategorikan sebagai ÔÇ×baik‟. Tujuh kriteria untuk mengevaluasi buku ajar bahasa Inggris adalah (1) tujuan dan pendekatan telah memenuhi 100% dari buku yang baik dan dikategorikan sebagai ÔÇ×sangat baik‟, (2) desain telah memenuhi 57% dari buku yang baik dan dikategorikan sebagai ÔÇ×kurang‟, (3) organisasi telah memenuhi 77% dari sebuah buku baik dan dikategorikan sebagai ÔÇ×baik‟, (4) konten bahasa telah memenuhi 75% dari buku yang baik dan dikategorikansebagai ÔÇ×baik‟, (5) keterampilan dengan sempurna memenuhi 100% dari buku yang baik dan dikategorikan ÔÇ×sangat baik‟, (6) topik telah memenuhi 71% dari buku yang baik dan dikategorikan sebagai ÔÇ×baik‟, dan (7) kelengkapan buku telah memenuhi 67% dari buku yang baik dan dikategorikan sebagai ÔÇ×memadai‟.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10398

Actions (login required)

View Item View Item