Penerapan contextual teaching and learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bagi siswa kelas 5 SDN Ketawanggede 1 Kota Malang / Betty Rosmalina Pribadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan contextual teaching and learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bagi siswa kelas 5 SDN Ketawanggede 1 Kota Malang / Betty Rosmalina Pribadi

Pribadi, Betty Rosmalina (2011) Penerapan contextual teaching and learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bagi siswa kelas 5 SDN Ketawanggede 1 Kota Malang / Betty Rosmalina Pribadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Contextual Teaching and Learning Menulis Puisi Keterampilan Menulis. SDN Ketawanggede 1 Kota malang merupakan sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang diperlakukan mulai tahun ajaran 2006. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan kondisi tentang siswa kurang mampu menulis secara runtut dengan menggunakan kalimat efektif yaitu dalam memilih kata yang tepat dan belum menggunakan ejaan yang benar. Terutama dalam menulis puisi siswa kelas 5 masih menemukan kesulitan dalam pemilihan kata. Siswa cenderung terlihat jenuh setiap kali pembelajaran yang hanya dilakukan di ruang kelas. Permasalahan ini dicoba diatasi dengan penerapan model contextual teaching and learning dan mencoba pula pembelajaran yang dilakukan di luar kelas. Kegiatan belajarnya dilakukan di luar kelas dan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk meningkatkan keaktifan siswa sehingga keterampilan siswa akan terlihat. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran contextual teaching and learning bagi siswa kelas 5 (2) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa serta cara mengatasinya dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran contextual teaching and learning bagi siswa kelas 5. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dan dokementasi. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa keterampilan menulis yang diperoleh melalui hasil penilaian proses belajar mengajar dan hasil penilaian terakhir pembelajaran yang didapat dari nilai test akhir dan aktivitas siswa diperoleh dari keaktifan siswa selama melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 5 SDN Ketawanggede 1 Kota Malang dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2010-2011 jenis data yang dipakai dalam penelitian ini berupa nilai Bahasa Indonesia lembar kerja siswa dan lembar penilaian proses menulis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa SDN Ketawanggede 1 Kota Malang pada pelajaran bahasa Indonesia 2) Setelah diterapkannya model pembelajaran contextual teaching and learning pada siklus I materi menulis puisi naik dari rata-rata nilai sebelum tindakan yaitu 63 2 menjadi 71 56 dan pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I menjadi 77 08. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dan pembelajaran di luar kelas perlu diterapkan di kelas karena dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Dengan melaksanakan pembelajaran di luar kelas siswa dapat mengamati lingkungan sekitar sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan dengan cara mengalami sendiri dan membantu siswa karena membuat siswa lebih aktif dan tidak jenuh saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103978

Actions (login required)

View Item View Item