Amaliyah, Yuli (2011) Persepsi guru tentang pelaksanaan supervisi klinis dan kompetensi guru di SD/MI Gugus V Kecamatan Sukun Kota Malang / Yuli Amaliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Supervisi Klinis Profesionalisme guru SD Guru di SD/MI gugus V kecamatan Sukun Kota Malang memiliki perbedaan persepsi mengenai pelaksanaan supervisi klinis dan kompetensi guru. Hal ini terjadi diduga disebabkan antara lain iklim sosial sistem kedinasan atau persepsi dari guru sendiri. Persepsi guru mengenai supervisi klinis dilihat dari pelaksanaan supervisi tersebut. Sedangkan persepsi guru mengenai kompetensi guru dilihat dari penguasaan kompetensi sebagai seorang guru meliputi kompetensi pedagogik kepribadian dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi tentang pelaksanaan supervisi klinis dan kompetensi guru di SD/MI gugus V kecamatan Sukun kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 65 dipada guru di SD/MI gugus V kecamatan Sukun kota Malang.Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki persepsi efektif (44.62%) mengenai pelaksanaan supervisi klinis diartikan supervisi klinis telah dilaksanakan dengan efektif namun belum secara maksimal kerena belum berkesinambungan dengan baik pada prosedur supervisi klinis. Sedangkan mengenai kompetensi guru sebagian besar guru memiliki persepsi yang sangat tinggi (52.31%) diartikan bahwa guru di SD/MI gugus V kecamatan Sukun kota Malang adalah guru yang berkompeten atau telah memiliki kompetensi/kemampuan sabagai seorang guru Disarankan Bagi Kepala Sekolah agar menindaklanjuti pelaksanaan supervisi klinis dengan secara berkesinambungan dan terkoordinasi dengan baik serta mengevalusai kinerja guru untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran didalam atau diluar kelas.Bagi guru disarankan untuk melaksanakan supervisi klinis dengan intensif untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran dikelas guna meningkatkan profesionalisme serta melaksanakan sebagaimana mestinya kompetensi sebagai guru yang profesional dan menyelenggarakan program pembelajaran yang baik kepada peserta didiknya sehingga akan tercipta suasana belajar yang komunikatif variatif dan berdaya saing. Bagi peneliti diharapkan apabila menggunakan variabel yang sama dalam penelitiannya disarankan agar mengambil jumlah sampel yang lebih luas sehingga hasil penelitian tersebut bermanfaat bagi banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |