Peningkatan kemampuan pemahaman isi teks melalui metode membaca cepat (speed reading) di kelas IV SDN Kembangarum Kabupaten Blitar / Adhitia Putra Harsono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan pemahaman isi teks melalui metode membaca cepat (speed reading) di kelas IV SDN Kembangarum Kabupaten Blitar / Adhitia Putra Harsono

Harsono, Adhitia Putra (2011) Peningkatan kemampuan pemahaman isi teks melalui metode membaca cepat (speed reading) di kelas IV SDN Kembangarum Kabupaten Blitar / Adhitia Putra Harsono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca teks metode membaca cepat Pembelajaran membaca isi teks di kelas IV SDN Kembangarum Kabupaten Blitar dinilai kurang efektif. Pembelajaran membaca pemahaman isi teks dilaksanakan dengan guru memberi tugas. Tidak adanya penjelasan pembela-jaran menyebabkan sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah KKM yang ditetapkan (65). Penelitian ini membahas permasalahan (1) bagaimanakah pene-rapan metode Speed Reading pada pembelajaran membaca isi teks di kelas IV SDN Kembangarum Kabupaten Blitar dan (2) apakah metode Speed Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV SDN Kembangarum Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obser-vasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Speed Reading dapat meningkatkan hasil membaca pemahaman isi teks siswa kelas IV SDN Kembangarum Kabupaten Blitar. Hal ini dapat dilihat dari dengan perubahan sikap siswa selama pembelajaran meliputi keaktifan dan kerjasama. Peningkatan proses ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai siklus I 60 meningkat pada siklus II menjadi 71. Peningkatan hasil membaca isi teks ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 58 siklus I 60 dan siklus II 70. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 24% siklus I sebesar 52% dan siklus II 82%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Speed Reading dapat meningkatkan hasil membaca isi teks siswa kelas IV SDN Kembangarum Kabupaten Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan siswa membaca cepat dalam waktu yang ditentukan. Siswa yang sebelumnya lambat dalam membaca namun dengan metode Speed Reading siswa dapat membaca dengan waktu yang lebih cepat. Pemahaman siswa dalam membaca isi teks juga meningkat. Oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan metode Speed Reading dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV khususnya dalam pembelajaran membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103974

Actions (login required)

View Item View Item