Penerapan strategi Graphic Organizer (GO) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang / Faizatul May Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi Graphic Organizer (GO) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang / Faizatul May Mahmudah

Mahmudah, Faizatul May (2011) Penerapan strategi Graphic Organizer (GO) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang / Faizatul May Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi GO menulis karangan SD. Berdasarkan observasi pendahuluan pada kemampuan menulis karangan yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas IV-A SDN Purwantoro 2 Malang menunjukkan bahwa dari 28 siswa yang mendapatkan nilai diatas 70 terdapat13 anak (46%) sedangkan 15 anak (54%) mendapatkan nilai dibawah 70. Ketercapaian kompetensi siswa dalam menulis karangan kurang optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup penerapan strategi GO yaitu peningkatan kemampuan menulis karangan setelah menggunakan strategi GO. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi refleksi dan perbaikan rencana. Adapun pendekatan penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV-A SDN Purwantoro 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dengan penerapan strategi GO menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan siswa secara klasikal terjadi peningkatan dari 56% pada observasi awal menjadi 68 25% pada tindakan siklus I. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 68 25% menjadi 83 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi GO dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV-A SDN Purwantoro 2 Malang. Sehingga disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran GO untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan untuk mengembangkan kemampuan menulis karangan siswa kelas tinggi maupun kelas rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103973

Actions (login required)

View Item View Item