Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang / Ferid Aquarista - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang / Ferid Aquarista

Aquarista, Ferid (2011) Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang / Ferid Aquarista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran PBI aktivitas hasil belajar mata pelajaran PKn PKn merupakan mata pelajaran yang memegang peranan penting karena berhubungan dengan sikap atau mental anak dimasa yang akan datang. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PKn harus dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa di SDN Bareng 3 Kota Malang belum menerapkan model PBI. Proses pembelajaran PKn menghendaki pengajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan dapat menemukan nilai-nilai yang terkandung selama pembelajaran tersebut sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup penerapan model PBI peningkatan proses dan hasil belajar setelah menggunakan model PBI. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif Interaktif. Subyek penelitian ini adalah 38 siswa kelas V B SDN Bareng 3 Kecamatan Klojen Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas V B SDN Bareng 03 Kota Malang (arsip nilai yang dimiliki guru) juga menunjukkan bahwa dari 38 siswa yang mendapatkan nilai diatas 75 hanya 18 anak (45%) sedangkan yang dibawah SKM sebanyak 20 anak (55%). Hasil temuan penilitian ini mengacu pada paparan data yang menggambarkan secara umum penerapan model PBI pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tentang materi organisasi di SDN Bareng 3 Malang. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran PBI menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan dari 63 25 pada observasi awal menjadi 73 95 pada tindakan siklus I. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 73 95 menjadi 83 65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Bareng 3 Kecamatan Klojen Kota Malang materi pokok Organisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapankan guru menerapkan pembelajaran PBI pada mata pelajaran PKn sehingga siswa dapat merubah tingkah lakunya memahami masalah sosial yang ada di lingkungannya serta dapat menyelesaikan tugas dan penilaian yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103972

Actions (login required)

View Item View Item