Penerapan model pembelajaran Dick and Carey untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IV SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang / Ika Ayu Kumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Dick and Carey untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IV SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang / Ika Ayu Kumalasari

Kumalasari, Ika Ayu (2011) Penerapan model pembelajaran Dick and Carey untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IV SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang / Ika Ayu Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Dick and Carey Aktivitas Hasil Belajar IPS SD Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dikelas IV SDN Bandulan 5 Malang pada kegiatan pembelajaran IPS dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Bandulan 5 Malang dapat diketahui beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS diantaranya adalah siswa cenderung pasif saat pembelajaran berlangsung kemampuan siswa dalam menghafal masih relatif rendah perhatian siswa terhadap materi masih kurang. Selain itu pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru guru masih sering menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Dick and Carey dalam meningkatkan proses dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang (2) mendeskripsikan penerapan model Dick and Carey untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa IPS pada siswa kelas IV SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang (3) mendeskripsikan penerapan model Dick and Carey untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari model Kemmis dan Taggart. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang dengan jumlah 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi guru dan siswa tes pedoman wawancara dan dokumentasi. Seorang siswa dinyatakan tuntas dalam belajar apabila telah mencapai skor 62 sedangkan ketuntasan secara klasikal adalah 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Dick and Carey dari pelaksanaan siklus I dan siklus II dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang. Perolehan rata-rata aktivitas siswa meningkat dari rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 8 17% dan pada siklus II aktivitas siswa meningkat sebesar 10 68%. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai pra tindakan sebesar 38 62% pada pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 55 39% dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat sebesar 76 55%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Dick and Carey dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IV SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang. Disarankan agar guru dapat menggunakan variasi dalam pembelajaran yang efektif efisien dan menarik serta dapat menerapkan model pembelajaran Dick and Carey pada materi atau bidang studi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103971

Actions (login required)

View Item View Item