Penerapan model pembelajaran concept attainment untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Saloy Rosina Taliak - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran concept attainment untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Saloy Rosina Taliak

Taliak, Saloy Rosina (2011) Penerapan model pembelajaran concept attainment untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Saloy Rosina Taliak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Concept Attainment peningkatan hasil belajar PKn Sekolah Dasar. Sekolah Dasar merupakan tumpuan dari proses pendidikan yang ada pada jenjang berikutnya. Untuk itu pendidikan pada Sekolah Dasar harus dilaksanakan dengan cara yang benar-benar mampu menjadi landasan yang kuat ke jenjang berikutnya. Sekolah Dasar adalah salah-satu lembaga yang mendidik dan mengembangkan potensi siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan cara penerapan model pembelajaran Concept Attainment dalam pembelajaran PKn pada mata pelajaran PKn di SDN kelas IV Madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN madyopuro 3 kecamatan kedungkandang kota Malang. Masalah yang diteliti adalah tentang peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) observasi (b) wawancara (c) tes. Penelitian ini dilakukan di SDN Madyopuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro III yang berjumlah 43 siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model pembelajaran Concept Attainment dilakukan melalui fase-fase yang dikemas dalam bentuk sintaks. Adapun sintaksnya dibagi ke dalam tiga fase yakni (a) presentasi data dan analisis data (b) menguji pencapaian konsep dari suatu konsep (c) analisis strategi berpikir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Concept Attainment pada mata pelajaran PKn materi pokok Globalisasi di kelas IV SDN madyopuro 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dikategorikan baik dengan melihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dari pra tindakan Siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata kelas sebesar 53 13 % meningkat menjadi 68 37% dan meningkat lagi menjadi 86 51%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Concept Attainment pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Dari hasil pnelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Madyopuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103970

Actions (login required)

View Item View Item