Penerapan model pembelajaran Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar geometri di kelas V SDN Ranggeh Pasuruan / Deden Yunus - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar geometri di kelas V SDN Ranggeh Pasuruan / Deden Yunus

Yunus, Deden (2011) Penerapan model pembelajaran Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar geometri di kelas V SDN Ranggeh Pasuruan / Deden Yunus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Van Hiele Pembelajaran Matematika SD. Proses pembelajaran geometri kususnya mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar yang selama ini cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa masih banyak yang belum tuntas dalam hasil belajarnya. Maka untuk mengatasi permasalahan ini akan direncanakan model pembelajaran yang relevan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran Van Hiele Berdasarkan latar belakang yang ada maka rumusan masalah Penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar geometri di kelas V SDN Ranggeh Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan (2) Apakah model pembelajara Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar geometri di kelas V SDN Ranggeh Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif Kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) langkah-langkahnya diadopsi dari model Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ranggeh Pasuruan sebanyak 20 siswa. Sedangkan instumen yang digunakan adalah kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci lembar observasi soal test tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Ranggeh Pasuruan. Hal ini terjadi karena guru telah menerapkan model pembelajaran Van Hiele sesuai dengan tahap-tahap dalam Strategi tersebut. Untuk keterlaksanaan aktifitas guru dalam pembelajaran geometri dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele pada siklus I menunjukkan nilai (92 04) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (95 45). Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mulai dari sebelum dilakukannya tindakan (58 89) dilakunnya tindakan pada siklus I (70 5) selanjutnya tindakan pada siklus II (73 25) Berdsarkan hasil penelitian disarankan (1) Dalam melaksanaakan KBM dengan model pembelajaran Van Hiele seorang guru harus mengetahui dengan jelas seperti apa langkah-langkahnya. (2) Karena aktifitas siswa hal yang sangat mendasar maaka peneliti menyarankan kepada guru untuk memilih strategi belajar yang memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam KBM. (3) Peneliti sarankan pada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian di sekolah lain untuk mendapatkan temuan yang baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103969

Actions (login required)

View Item View Item