Saherliawati, Deni (2011) Meningkatkan kemampuan menulis puisi anak melalui media pembelajaran benda konkret pada siswa kelas III SDN Sumbersari 2 Malang / Deni Saherliawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Menulis Puisi Anak Media Pembelajaran Benda Kokret SD. Menulis puisi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa SD. Pembelajaran menulis puisi bermanfaat untuk mengembangkan ide memperhalus perasaan penalaran daya khayal dan kepekaan siswa terhadap lingkungan sekitar. Berdasarkan pretes yang dilaksanakan pada siswa kelas III SDN Sumbersari 2 Malang dapat diketahui bahwa siswa kurang berminat dalam menulis puisi kemampuan menulis puisi masih kurang siswa kesulitan mengungkapkan ide dalam menulis puisi berdasarkan gambar yang diamati dan kesulitan menentukan judul puisi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan 1) penerapan media pembelajaran benda konkret untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi anak dan 2) peningkatan kemampuan menulis puisi anak melalui penerapan media pembelajaran benda konkret siswa kelas III SDN Sumbersari 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Data yang diolah dan dianalisis berupa data proses dan hasil pembelajaran menulis puisi. Isntrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi asesmen kinerja pedoman wawancara guru dan siswa dan dokumentasi pembelajaran. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SDN Sumbersari 2 Malang yang berjumlah 27 siswa terdiri atas 8 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil analisis data pada tiga kegiatan yaitu pramenulis menulis dan pasca menulis diperoleh temuan kemampuan dan hasil puisi siswa meningkat. Siswa semakin paham tahap-tahap menulis puisi mulai dari pengamatan media benda konkret menentukan kata kunci mendeskripsikan hal-hal yang mereka ketahui tentang benda konkret menentukan tema sampai menuliskan puisi menggunakan kata yang menarik. Mereka lebih mudah mengungkapkan ide. Sedangkan untuk hasil penulisan puisi siswa dapat menggambarkan benda sesuai kenyataan judul dan diksi yang digunakan beragam isi puisi lebih luas seperti cerita sehari-hari ungkapan perasaan baik senang maupun sedih dan ucapan terima kasih pengimajian juga mulai muncul. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi anak dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran benda konkret. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk dapat memanfaatkan media benda konkret dalam pembelajaran menulis puisi dan pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |