Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang melalui model Attention Relevance Confidance Satisfaction (ARCS) / Riyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang melalui model Attention Relevance Confidance Satisfaction (ARCS) / Riyani

Riyani (2011) Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang melalui model Attention Relevance Confidance Satisfaction (ARCS) / Riyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran IPA SD Model ARCS Model ARCS merupakan model pembelajaran yang menitik beratkan pengelolaan dan peningkatan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan pada saat pembelajaran IPA di kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru pembelajaran kurang bervariasi aktivitas siswa terlihat kurang aktif dan banyak yang mengantuk. Dari nilai siswa pada materi menggolongkan hewan berdasarkan makanannya menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 48 88 dengan ketuntasan kelas 13% sedangkan KKM yang ditentukan adalah 70.00 untuk hasil belajar dan 75% untuk ketuntasan kelas. Berkaitan dengan itu maka diperlukan upaya perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran ARCS. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model ARCS untuk meningkatkan pembelajaran IPA (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model ARCS (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model ARCS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru mata pelajaran IPA sebagai pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARCS pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari I Kota Malang dengan standar kompetensi Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan keberhasilan guru dalam menerapkan model ARCS pada siklus I yaitu 75% dan meningkat pada siklus II menjadi 92 5%. Aktivitas siswa meningkat siklus I 10 80% menjadi 12 71% pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 62 82 dengan ketuntasan 46% pada siklus I menjadi rata-rata 70 64 dengan ketuntasan kelas mencapai 92% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam menerapkan model ARCS ini hendaknya guru mempersiapkan rencana pembelajaran yang matang Pembelajaran hendaknya terpusat pada siswa guru memberikan penghargaan berupa hadiah kecil pada siswa yang aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103965

Actions (login required)

View Item View Item