Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Mergosono 2 Malang melalui penerapan problem-based learning / Wiwied Endrayeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Mergosono 2 Malang melalui penerapan problem-based learning / Wiwied Endrayeni

Endrayeni, Wiwied (2011) Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Mergosono 2 Malang melalui penerapan problem-based learning / Wiwied Endrayeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci Pembelajaran Model Problem-Based Learning IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pada umumnya guru IPA terpaku pada metode ceramah Hasil observasi menyatakan dengan metode ceramah aktivitas siswa cenderung pasif dan hasil belajar siswa rendah. Problem-Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model Problem-Based Learning pada pelajaran IPA di kelas III SDN Mergosono 2 (2) aktivitas siswa selama pembelajaran (3) hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Problem-Based Learning pada mata pelajaran IPA. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin dengan tahapan perencanaan (planning) tindakan (acting) observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Mergosono 2 dengan jumlah siswa 33 laki-laki sebanyak 15 siswa dan perempuan sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapannya yaitu (1) mengorientasi siswa pada masalah (2) mengarahkan siswa untuk belajar (3) membimbing siswa menemukan penjelasan dan pemecahan masalah (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung pada siklus I sebesar 74 5 meningkat pada siklus 2 menjadi 87. Hasil belajar pada siklus I mempunyai rata-rata kelas sebesar 72 meningkat pada siklus II menjadi 87. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Problem-Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jika peneliti lain ingin menggunakan model Problem-Based Learning dalam penelitiannya disarankan agar memperhatikan pengorganisasian siswa. Selain itu materi pokok yang digunakan juga perlu diperhatikan supaya pembelajaran dapat lebih dikemban

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103964

Actions (login required)

View Item View Item