Aini, Nur (2011) Penggunaan timbangan kodok untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok pengukuran berat bagi siswa kelas III MI Al-Hamidiyah Gondangwetan Pasuruan / Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Alat Peraga Timbangan Kodok Hasil Belajar Pengukuran Berat Matematika. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru kelas III ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas III MI Al-Hamidiyah Gondangwetan Pasuruan tentang pengukuran berat masih rendah. Dari 12 siswa hanya 3 siswa yang mencapai standar ketuntasan minimal. Untuk memperbaiki kondisi tersebut diperlukan strategi yang tepat. Dalam penelitian ini ditetapkan strategi dengan menggunakan timbangan kodok yang telah dikenal oleh siswa sebagai alat peraga yang dikombinasikan dengan metode yang bervariatif yang bisa melibatkan siswa secara aktif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan timbangan kodok untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi pokok pengukuran berat bagi siswa kelas III MI Al-Hamidiyah Gondangwetan Pasuruan (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika siswa khususnya materi pokok pengukuran berat dengan penggunaan timbangan kodok di kelas III MI Al-Hamidiyah Gondangwetan Pasuruan (3) Mendeskripsikan tingkat aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika materi pokok pengukuran berat dengan penggunaan timbangan kodok untuk meningkatkan hasil belajar di kelas III MI Al-Hamidiyah Gondangwetan Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan di MI Al-Hamidiyah Gondangwetan Pasuruan dengan subyek penelitian sebanyak 12 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara pedoman observasi dan lembar soal tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan timbangan kodok dengan cara melakukan praktik penimbangan secara berkelompok untuk membandingkan berat benda-benda yang sejenis membandingkan berat bendpa-benda yang tidak sejenis serta mencari dan mempelajari hubungan antar satuan berat dan bermain jual beli dapat meningkatkan hasil belajar pengukuran berat. Pada pra tindakan nilai rata-rata 40 0 meningkat menjadi 81 25 pada akhir I dan pada siklus II meningkat menjadi 89 58. Penggunaan timbangan kodok dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Pada kahir siklus I tingkat aktivitas siswa mencapai 84 9 % dan meningkat menjadi 90 1 % pada akhir siklus II dengan criteria sangat aktif. Selanjutnya peneliti menyarankan bagi para guru sebaiknya menggunakan timbangan kodok dalam pembelajaran pengukuran agar siswa lebih antusias dalam belajar sehingga lebih mudah menerima materi yang diajarkan. Sedangkan bagi para peneliti lanjutan disarankan untuk membuat rancangan penelitian yang lebih komprehensif karena rancangan penelitian ini masih sangat sederhana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |