Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan model pembelajaran mind mapping di kelas VI SDN Arjosari Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan / Silvia Ida Librianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan model pembelajaran mind mapping di kelas VI SDN Arjosari Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan / Silvia Ida Librianti

Librianti, Silvia Ida (2011) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan model pembelajaran mind mapping di kelas VI SDN Arjosari Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan / Silvia Ida Librianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Membaca pemahaman Model pembelajaran Mind Mapping Kemampuan membaca besar manfaatnya untuk mempelajari bidang studi lain sehingga dinyatakan bahwa membaca dapat dianggap sebagai gerbang untuk mengenal memahami dan mendalami pembelajaran lain. Dikemukakan lagi bahwa dalam membaca terkandung prinsip yaitu memahami apa yang di baca/memahami isi bacaan Pembelajaran melalui metode mind mapping merupakan teknik untuk mengembangkan pendekatan berfikir yang lebih kreatif dan inovatif dengan cara menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki kemampuan berbeda. Berdasarkan paparan tersebut di atas maka peneliti ingin mencoba melakukan PenelitianTindakan Kelas Bagaimanakah langkah-langkah model pembelajaran Mind Mapping pada membaca pemahaman dan apakah model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). yang dikembangkan oleh Kemmis dam Mc Tanggart.meliputi empat jalur (langkah) yaitu Planning perencanaan acting tindakan dan observing - pengamatan reflecting perefleksian dan revise plan perbaikan rencana. Dalam penelitian ini yang akan menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditemukan bahwa Model pembelajaran mind mapping telah dilaksanakan pada pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VI SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas VI SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan pada siklus I rata-rata kelas 66 56 sedangkan ketuntasan belajar masih 56 25% belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan memperhatikan refleksi pada siklus I diadakan perbaikan dan pada siklus II terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas VI SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan setelah menerapkan model pembelajaran mind mapping pada siklus II rata-rata kelas 74 68 sedangkan ketuntasan belajar mencapai 87 50% berarti telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas peneliti mengemukakan saran yang diharapkan dapat menjadi rekomendasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran mind mapping sebagai salah satu upaya peningkatan prestasi belajar siswa khususnya pada kemampuan membaca pemahaman Bagi siswa khususnya Kelas VI SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan hendaknya menyadari betapa pentingnya meningkatkan prestasi belajarnya terutama dengan melalui pembelajaran dengan teknik mind mapping. Hasil penelitian ini akan merupakan referensi dan sumbangan yang berarti untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang lebih kualified. Dengan Penelitian Tindakan Kelas ini penulis disarankan untuk mengembangkan penelitian yang lebih berkualitas dan berdaya guna untuk pengembangan sifat dan karakter ilmiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103962

Actions (login required)

View Item View Item