Penerapan model pembelajaran assure untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn SDN Madyopuro 3 kota Malang / Ludia Kailem - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran assure untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn SDN Madyopuro 3 kota Malang / Ludia Kailem

Kailem, Ludia (2011) Penerapan model pembelajaran assure untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn SDN Madyopuro 3 kota Malang / Ludia Kailem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model ASSURE Hasil Belajar PKn SD. Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Permasalahan yang dialami oleh para siswa kelas V SDN Madyopuro 3 Kota Malang adalah rendahnya pemahaman tentang Berorganisasi. Hal ini disebabkan karena pemanfaatan media yang belum maksimal pada diri guru dan guru belum mampu mengantarkan para siswa pada konteks kehidupan riil selain itu guru masih dominan dengan menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi pasif dan pembagian kelompok masih identik dengan menggabungkan siswa berdasarkan satu jenis kelamin. Oleh karena itu peneliti merasa perlu untuk diterapkan pembelajaran yang inovatif kreatif dan menyenangkan yaitu dengan menerapkan Model Pembelajaran ASSURE. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif menggunakan 2 siklus dengan standar nilai ketuntasan 70 dan ketuntasan belajar kelas 75% jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemis Taggart melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Madyopuro 3 Kota Malang yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi wawancara dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunujakan bahwa Penerapan model ASSURE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Berorganisasi di kelas V SDN Madyopuro 3 Kota Malang dikategorikan baik dengan melihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh siswa dari pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu dari rata-rata kelas sebesar 66 70 % meningkat menjadi 77 44 % dan meningkat lagi menjadi 81 48 %. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti mennyarankan bahwa tidak hanya mata pelajaran PKn saja yang menggunakan model pembelajaran ASSURE tetapi juga untuk mata pelajaran lain dapat juga menggunakan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103960

Actions (login required)

View Item View Item