An analysis on vocabulary presentation in "Bright an English Course for Junior High School Students for Grade VII" published by Erlangga Publisher / Fajar Tirandicha - Repositori Universitas Negeri Malang

An analysis on vocabulary presentation in "Bright an English Course for Junior High School Students for Grade VII" published by Erlangga Publisher / Fajar Tirandicha

Tirandicha, Fajar (2018) An analysis on vocabulary presentation in "Bright an English Course for Junior High School Students for Grade VII" published by Erlangga Publisher / Fajar Tirandicha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Tirandicha Fajar. 2017.An Analysis on Vocabulary Presentation in Bright an English Course for Junior High School Students for Grade VII Published by Erlangga Publisher. Skripsi. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Furaidah M.A (II) Drs. Andi Muhtar M.A. Kata Kunci analisis pembedaharaan kata penyajian pembendaharaan kata Kosakata memegang peranan penting bagi pembelajar bahasa. Tanpa kosa kata yang cukup pelajar tidak dapat berkomunikasi secara efektif. Dalam kegiatan belajar mengajar yang menggunakan buku pelajaran guru harus seletif dalam memilih buku dan kreatif dalam mengolah materi pelajaran.penyajian kosakata yang terdapat di buku pelajaran mampu mempermudah pelajar untuk memperkaya pengalaman belajar kosakata. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penyajian kosakata dalam buku pelajaran yang berjudul Bright an English Course for Junior High School Students for Grade VII yang diterbitkan oleh Erlangga. Penelitian ini menggunakan penelitian deskrpsi yang mana ingin mengungkap bagaimana kosakata disajikan dalam buku pelajaran. Data dalam penelitian ini adalah materi kosakata yang tersaji dalam 6 bab di buku pelajaran. Instrument utama penelitian ini adalah peneliti. Dan instrument kedua adalah lembar evaluasi yang terdiri dari 11 poin yang diadaptasi dari Hussin Nimehchisalem dan Kalajahi (2015) dan Cunningsworth (1995). Hasil temuan menunjukkan bahwa jumlah kosakata disetiap bab pembagian jumlah kosakata dalam buku dan ketersediaan indeks dikategorikan poor (kurang). Pengulangan kosakata baru dalam buku dikategorikan fair (cukup). Sedangkan karakteristik latihan kosakata dan strategi pengajaran kosakata dikategorikan good (baik). Kontekstualisasi kosakata baru keefektifan penggunaan gambar definisi kosakata baru yang mudah dimengerti kepekaan terhadap struktur leksikal dan kemampuan sajian materi untuk belajar mandiri mendapat kategori very good (sangat baik). Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) guru bahasa inggris agar dapat memilih materi yang ada di dalam buku untuk menunjang pemahaman murid dalam mempelajari kosakata baru (2) penulis buku agar berhati-hati dalam menyajikan jumlah kosa kata baru dalam buku (3) peneliti selanjutnya agar dapat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10396

Actions (login required)

View Item View Item