Nuraini (2011) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui media crossword pada siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 Kota Malang / Nuraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Media crosswords aktivitas belajar hasil belajar IPS SD Berdasarkan observasi awal siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 Kota Malang ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu (1) siswa kurang tertarik pada pelajaran (2) siswa cenderung pasif terhadapa pembelajaran (3) siswa merasa bosan terhadap pembelajaran (4) aktivitas belajar siswa yang tidak bervariasi (5) rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya media yang digunakan untuk proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan mendominasi pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut diadakan pembaharuan dalam hal media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan adalah media crosswords umumnya di Indonsesia dinamakan Teka-Teki Silang yaitu suatu permainan dimana harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak-kotak) dengan huruf sehingga berbentuk sebuah kata sesuai dengan petunjuk. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penerapan media crosswords yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Pisang Candi (2) Mendeskripsikan penerapan media crosswords dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas V SDN Pisang Candi 3. (3) Mendeskripsikan penerapan media crosswords dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Pisang Candi . Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus dari yang diadopsi dari Kemmis dan Taggart. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap yaitu perencanaan tindakan dan obeservasi refleksi dan perbaikan rencana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 Kota Malang yang berjumlah 13 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media crosswords dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 Kota Malang. Perolehan rata-rata aktivitas meningkat dari siklus I ke siklus II untuk komponen Visual Activities sebesar 3 84% Oral Activities sebesar 17 3% Listening Activities sebesar 13 4% Writing Activities sebesar 7 69% Motor Activities sebesar 11 54% Mental Activities sebesar 7 69% dan Emotional Activities sebesar 7 69%. Sedangkan hasil belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 11 53%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media crosswords dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pisang Candi 3 Kota Malang Disarankan media ini dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |