Peningkatan hasil belajar PKn melalui model deep dialogue/critical thinking pada siswa kelas V di SDN Arjowilangun 07 Kalipare Kabupaten Malang / Ike Wahyu Puspita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model deep dialogue/critical thinking pada siswa kelas V di SDN Arjowilangun 07 Kalipare Kabupaten Malang / Ike Wahyu Puspita Dewi

Dewi, Ike Wahyu Puspita (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model deep dialogue/critical thinking pada siswa kelas V di SDN Arjowilangun 07 Kalipare Kabupaten Malang / Ike Wahyu Puspita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Terprogram Hasil Belajar IPS Hasil pengamatan pratindakan menunjukkan terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Boro Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung yaitu (1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional yang tidak memperhatikan perbedaan yang ada pada setiap siswa (2) pelaksanaan pembelajaran didominasi guru (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 58 08 (4) siswa yang mencapai hasil belajar di atas KKM sebanyak 7 siswa atau 28% dari 25 siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran terprogram pada siswa kelas V SDN Boro Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Boro Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. PTK termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang di kumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif di mana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS secara bertahap. Persentase siswa tuntas pada pratindakan sebesar 28% siklus I 68% dan siklus II 88%. Peningkatan persentase ketuntasan dari pratindakan ke siklus I yaitu sebesar 40% sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui pembelajaran terprogram dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar senantiasa meningkatkan kualitas dan kinerjanya dengan menambah pengetahuan dan keterampilannya dalam menerapkan pembelajaran yang baru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103958

Actions (login required)

View Item View Item