Penggunaan media benda konkrit untuk meningkatkan pembelajaran siswa kelas IV tentang gaya di SDN Rampal Celaket 2 Malang / Erna Juwariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media benda konkrit untuk meningkatkan pembelajaran siswa kelas IV tentang gaya di SDN Rampal Celaket 2 Malang / Erna Juwariyah

Juwariyah, Erna (2011) Penggunaan media benda konkrit untuk meningkatkan pembelajaran siswa kelas IV tentang gaya di SDN Rampal Celaket 2 Malang / Erna Juwariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Benda Konkrit Pembelajaran IPA HasilBelajar Pembelajaran IPA denganmenggunakanmetodeceramahmenjadikansiswasebagaisubyekbelajar yang pasifkarenahanyamendengardanmencatat sehingga rata-rata nilai yang dicapaisiswamasih di bawahkriteriaketuntasan yang ditetapkan di KTSP. Hal inimendorongpenelitimenerapkan model pembelajarandenganmenggunakan media bendakonkrituntukmengatasipermasalahantersebut.Denganmenggunakan media bendakonkritdalampembelajaran IPA diharapkansiswadapatterlibatsecaraaktif. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan (1) Penerapan media padapembelajaran IPA (2) Aktivitassiswadalampembelajaran IPA (3)hasilbelajarsiswa yang diajarkandengan media bendakonkrit (4) tanggapan guru tentangpembelajaran IPA yang menggunakan media bendakonkrit dan (5) tanggapansiswatentangpembelajaran IPA yang menggunakan media konkrit. Rancanganpenelitianinimenggunakanjenis PTK dengan model KemmisdanMc Taggart. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Subyekpenelitianadalahsiswakelas IV SDN RampalCelaket 2 Malang semester genaptahunajaran 2010/2011 yang berjumlah 35 siswa. Data penelitiandikumpulkanmelaluiobservasi tes wawancara dandokumentasisedang data hasilbelajarsiswadiperolehdengantes yang dilaksanakanpadasetiapakhirsiklus. Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanpembelajaransiswakelas IV SDN RampalCelaket 2 Malang. Hal inidapatdilihatdarikeberhasilantindakan guru padasiklus I rata-rata 68% danmeningkatpadasiklus II menjadi 86% hasilbelajarsiswajugameningkatpadasiklus I sebesar 64 70 danmeningkatpadasiklus II menjadi76 29. Aktivitassiswajugamengalamipeningkatanpadasiklus I. Aktivitassiswamengalamipeningkatan rata-rata padasiklus I adalah 53% menjadi 72% padasiklus II.Tanggapan guru pemanfaatan media sesuaidengankarakteristiksiswadandapatmeningkatkanaktivitassiswa. Tanggapansiswapenggunaan mediadapatmeningkatkanhasilbelajar. Saran dariadanyapenelitianiniadalah guru hendaknyamenggunakan media bendakonkritpadapembelajarangunamencapaihasilbelajar yang lebih baik. Selainitudiharapkanhasilpenelitianiniditindaklanjutigunamemperolehhasil yang lebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103957

Actions (login required)

View Item View Item