Peningkatan keterampilan berbicara (speaking) melalui kegiatan membaca cerpen pada siswa kelas VI SDN Purwantoro 8 Kota Malang tahun ajaran 2010/2011 / Yusika Adi Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara (speaking) melalui kegiatan membaca cerpen pada siswa kelas VI SDN Purwantoro 8 Kota Malang tahun ajaran 2010/2011 / Yusika Adi Putra

Putra, Yusika Adi (2011) Peningkatan keterampilan berbicara (speaking) melalui kegiatan membaca cerpen pada siswa kelas VI SDN Purwantoro 8 Kota Malang tahun ajaran 2010/2011 / Yusika Adi Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterampilan berbicara membaca cerpen bahasa Inggris SD. Selama ini masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah. Berdasarkan observasi awal di kelas VI SDN Purwantoro 8 Kota Malang pembelajaran bahasa Inggris dengan metode ceramah membuat siswa kurang antusias dan pembelajaran terkesan membosankan sehingga berakibat pada rendahnya tingkat keterampilan berbicara. Rendahnya keterampilan berbicara siswa dapat dibuktikan dengan melihat hasil perolehan penilaian dalam kegiatan pra tindakan. Mengingat rendahnya keterampilan berbicara siswa maka dirancanglah suatu penelitian tindakan guna meningkatkan keterampilan berbicara tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan realitas pembelajaran bahasa Inggris data yang dihasilkan berupa data deskriptif yakni keterampilan berbicara melalui kegiatan membaca cerpen. Peneliti sebagai instrumen pokok dengan sasaran penelitian adalah siswa kelas VI SDN Purwantoro 8Kota Malang. Berdasarkan model PTK Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian diikuti dengan tahapan-tahapan pada setiap siklus yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan kelas pengamatan dan refleksi. Dalam tahap pelaksanaan tindakan guru menggunakan kegiatan membaca cerpen yang terdiri dari beberapa tahap antara lain class presentation pembentukan kelompok pemberian tugas membaca cerpen kuis pemberian evaluasi poin peningkatan individual penutup. Perolehan hasil dan pembahasan pada penelitian siklus I dan II menunjukan bahwa kegiatan membaca cerpen pada siswa kelas VI SDN Purwantoro 8 Kota Malang terbukti mampu meningkatkan keterampilan berbicara. Dalam akhir kegiatan penelitian tindakan ini dapat diketahui bahwa rata-rata keterampilan berbicara siswa meningkat dengan rincian rata-rata perolehan siswa siklus 1 dengan kategori baik sedangkan siklus 2 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan membaca cerpen siswa sangat antusias baik itu individu maupun secara kelompok dan aktif bertanya ketika guru menyampaikan penjelasan pelajaran. Di samping itu kegiatan membaca cerpen juga mampu meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa. Siswa mengaku bahwa adanya interaksi antarkelompok dan penghargaan mampu memotivasi secara individu untuk tekun belajar guna memperoleh nilai yang baik selain itu melalui kegiatan membaca cerpen menjadi wadah yang efektif untuk meningkatkan daya imajinasi siswa yang tinggi sehingga siswa akan menjadi lebih senang dan penuh percaya diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103955

Actions (login required)

View Item View Item