Penggunaan media batang pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV di SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang / Wheny Churnia Ningsih A. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media batang pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV di SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang / Wheny Churnia Ningsih A.

Ansori, Wheny Churnia Ningsih (2011) Penggunaan media batang pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV di SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang / Wheny Churnia Ningsih A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Batang Pecahan Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran Matematika kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Malang terdapat permasalahan siswa pasif dalam pembelajaran Matematika. Siswa tidak menguasai materi pecahan disebabkan pemahaman konseptual tentang KPK dan FPB masih kurang serta kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pratindakan yaitu 22.097 jauh dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 60. Oleh karena itu peneliti menggunakan media pembelajaran Tongkat Pecahan untuk mengatasi permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Mendeskripsikan penggunaan media batang pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pecahan kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media batang pecahan pada siswa kelas IV di SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil belajar siswa meningkat. Prosedur tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dari penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes tulis wawancara angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan dengan menggunakan media pembelajaran Batang Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pokok Pecahan siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Malang. Meningkatnya hasil belajar siswa dapat ditunjukkan dari adanya peningkatan nilai pratindakan yang semula nilai rata-rata 22 097 meningkat menjadi 59 43 di siklus I dan siklus II nilai rata-rata meningkat sebesar 66 17. Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menggunakan media pembelajaran Batang Pecahan khususnya pada pembelajaran Matematika. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103954

Actions (login required)

View Item View Item