Nurdianta, Wahyu (2011) Peningkatan hasil belajar operasi penjumlahan pecahan melalui pemanfaatan benda manipulatif siswa kelas V SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang / Wahyu Nurdianta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci PTK Benda Manipulatif Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan kondisi tentang rendahnya penguasaan materi dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran di SDN Bandulan 5 Kota Malang. Penelitian ini berangkat dari akar permasalahan siswa yang cenderung terlihat sulit menerima materi saat pembelajaran berlangsung. Permasalahan ini dicoba diatasi dengan memanfaatkan benda manipulatif seperti kertas lipat dan mika transparan. Pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan memamfaatkan benda manipulatif yang dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep matematika. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan pemanfaatan benda manipulatif dalam pembelajaran matematika kelas 5 pada pokok bahasan operasi penjumlahan pecahan 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa Kelas 5 SDN Bandulan 5 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dan tes. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil penilaian pembelajaran dan hasil penilaian terakhir pembelajaran yang didapat dari nilai test akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 5 SDN Bandulan 5 Kota Malang dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2010-2011 jenis data yang dipakai dalam penelitian ini berupa nilai Matematika soal test akhir sebanyak 10 soal observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan benda manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar Matematika dengan materi operasi penjumlahan pecahan di kelas V SDN Bandulan 5 Malang. Perolehan hasil belajar siswa meningkat dari nilai pretes terlihat 11 76% pada siklus I mencapai 52 94% jadi dari hasil pre tes ke siklus I meningkat sebesar 41 18%. Sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 41 18% hal ini terlihat dari siklus I yang tuntas 52 94% dan siklus II yang tuntas mencapai 94 12%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan benda manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Bandulan 5 Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran yang memang membutuhkan media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |