Antini, Ary (2011) Peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas II dengan menggunakan model Webbed di SDN Cemorokandang 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Ary Antini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci IPA Pembelajaran Model Webbed Model Webbed adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik . Pendekatan ini dimulai dengan menentukan tema yang kemudian dikembangkan menjadi sub tema dengan memperhatikan keterkaitan tema tersebut dengan mata pelajaran yang terkait. Berdasarkan hasil observasi di SDN Cemorokandang 4 didapatkan fakta bahwa pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif. Dari nilai tes menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 65 5 dengan ketuntasan kelas hanya mencapai 41 6 % sedangkan SKM yang ditentukan adalah 70 untuk hasil belajar dan 75% untuk ketuntasan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model Webbed untuk meningkatkan pembelajaran IPA di Kelas 2 SDN Cemorokandang 4 (2) aktivitas siswa Kelas 2 SDN Cemorokandang 4 selama pembelajaran dengan model Webbed (3) hasil belajar siswa kelas 2 setelah diterapkan model Webbed. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi penyusunan RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran model Webbed lembar observasi aktivitas siswa soal tes pedoman wawancara lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Webbed untuk pembelajaran IPA siswa kelas II SDN Cemorokandang 4 dengan kompetensi dasar mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan aktifitas guru dalam penerapan model Webbed pada siklus I yaitu 89% dan meningkat pada siklus II menjadi 97%. Aktivitas siswa meningkat siklus I 69 7 menjadi 84 5 pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 71 dengan ketuntasan 64% pada siklus I menjadi rata-rata 88 27 dengan ketuntasan kelas mencapai 82% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam menerapkan model Webbed ini hendaknya guru mempersiapkan pembelajaran dengan matang sehingga tidak akan kehabisan permasalahan yang harus didiskusikan siswa. Agar mudah dalam mengkondisikan dan mengorganisasikan kelas dengan baik guru diharapkan memberikan penguatan yang baik untuk memacu keaktifan siswa juga dapat memberikan penghargaan berupa hadiah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103952 |
Actions (login required)
View Item |