Akhsana, Wildan (2011) Penggunaan media macromedia flash professional 8 untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas VI SDN Tunjungsekar 1 Malang / Wildan Akhsana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Media Macromedia Flash Professional 8 IPA Pembelajaran Media pembelajaran adalah segala sesuatu alat (benda) yang digunakan untuk memperagakan fakta konsep prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata atau konkrit dari pengirim pesan kepada penerima sehingga terjadi proses belajar dengan media proses pemahaman konsep siswa menjadi lebih mudah dan belajar menjadi lebih bermakna. Berdasarkan hasil observasi di SDN Tunjungsekar 1 didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang belum pernah menggunakan media sehingga siswa kurang aktif. Dari nilai tes menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 60 9 dengan ketuntasan kelas hanya mencapai 36 4 % sedangkan SKM yang ditentukan adalah 67 untuk hasil belajar dan 70% untuk ketuntasan kelas. Penelitian ini merumuskan masalahnya (1) bagaimanakah langkah-langkah guru dalam memanfaatkan media macromedia flash professional 8 untuk meningkatkan pembelajaran IPA (2) bagaimankah aktivitas siswa selama pembelajaran dengan media macromedia flash professional 8 (3) bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkan media macromedia flash professional 8. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media macromedia flash professional 8 lembar observasi aktivitas siswa soal tes pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media macromedia flash professional 8 untuk pembelajaran IPA siswa kelas VI SDN Tunjungsekar 1 dengan kompetensi dasar mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusunan tata surya dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan keberhasilan guru dalam penerapan media macromedia flash professional 8. Aktivitas siswa meningkat siklus I 82 5 menjadi 86 5 pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 78 dengan ketuntasan 84% pada siklus I menjadi rata-rata 82 dengan ketuntasan kelas mencapai 92% pada siklus II. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran macromedia flash professional 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Tunjungsekar 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Oleh karena itu disarankan bagi guru dan sekolah supaya lebih termotivasi dan lebih semangat dalam memberikan pengajaran yang bermutu bervariasi dan berinovasi untuk mengadakan pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |