Mariyana, Litta (2011) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks melalui teknik scramble siswa kelas V SDN Bedali 05 Kabupaten Kediri / Litta Mariyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci teknik scramble membaca pemahaman Berdasarkan studi pendahuluan terhadap pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesi di SDN Bedali 05 kabupaten Kediri diketahui adanya permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi adalah siswa kurang mampu memahamiisi bacaan dan menyimpulkannya menjadi beberapa paragraf yang runtut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik scramble dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks siswa kelas V SDN Bedali 05 kabupaten Kediri. Untuk penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket dokumentasi dan observasi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini diawali dengan tahap perencanaan tindakan (planning) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Prosedur penelitian ini meliputi pratindakan siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks. Siswa semakin sktif dan tidak takut untukmengekspresikan ide-ide yang dimilikinya. Selain menambah pengetahuan siswa juga bermain sambil belajar hal ini terlihat pada waktu siswa melaksanakan kerja kelompok. Selain itu penilaian hasil juga mengalami peningkatan ini terbukti dari nilai pratindakan sampai penilaian proses siklus 1 ketuntasan klasikal adalah 50% dan pada siklus 2 ketuntasan klasikal mencapai 100%. Pada penilaian hasil pratindakan ketuntasan klasikal mencapai 40% pada siklus 1 mencapai 50% dan pada siklus 2 adalah 100%. Kesimpulan dari data di atas bahwa pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Bedali 05 perlu mendapat penanganan khusus pada aspek membaca pemahaman teks dengan materi pokoknya cerita anak.karena siswa kelas Vkurang mampu membaca secara kritis dan menyimpulkan sebuah teks cerita tersebut menjadi beberapa kalimat yang runtut. Berdasarkan kesimpulan yang dipaparkan peneliti maka peneliti memberikan saran guru hendaknya menggunakan teknik scramble sebagai salah satu cara atau alternative untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan aktifitassiswa dalam kelas kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan dalam mata pelajaran lain hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan penelitian lebih lanjut dengan materi lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |