Penerapan permainan jari-jari tangan untuk meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan cacah siswa kelas IV SD Negeri Minggir Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Nur Lailiyul Mualudiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan jari-jari tangan untuk meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan cacah siswa kelas IV SD Negeri Minggir Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Nur Lailiyul Mualudiyah

Mauludiyah, Nur Lailiyul (2011) Penerapan permainan jari-jari tangan untuk meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan cacah siswa kelas IV SD Negeri Minggir Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Nur Lailiyul Mualudiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bermain perkalian bilangan cacah Berdasarkan observasi awal ditemukan permasalahan bahwa dari 30 siswa kelas IV SDN Minggir ada 19 siswa yang belum menguasai fakta dasar perkalian 6 sampai dengan 9. Disamping itu berdasarkan pre test yang telah dilakukan peneliti tentang operasi perkalian dua angka dengan dua angka menggunakan cara bersusun pendek ditemukan bahwa dari 30 siswa hanya 1 siswa yang mampu mengerjakan 2 soal dengan benar 9 siswa mampu mengerjakan 1 soal dengan benar dan 20 siswa lainnya salah dalam mengerjakan soal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut diadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi permainan jari-jari tangan untuk meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan cacah siswa kelas IV SDN Minggir. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan rincian pelaksanaan pre test satu kali pertemuan siklus I 3 kali pertemuan siklus II 3 kali pertemuan masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek penelitian adalah 30 siswa kelas IV SDN Minggir semester II tahun 2010 / 2011. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 5 Agustus 2010 sampai dengan 10 Desember 2010. Instrumen penelitian ini meliputi pedoman observasi lembar evaluasi (test) dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif indikator keberhasilan dalam PTK ini bila ketuntasan perorangan sebesar 65% dan ketuntasan klasikal 75% berdasarkan petunjuk pelaksanaan belajar mengajar dalam KTSP. Permainan jari-jari tangan dapat diterapkan dengan baik bermain jari-jari tangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas dari 34 32 meningkat menjadi 46 20 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 46 20 meningkat menjadi 77 33. Siswa juga aktif dalam menyelesaikan soal-soal perkalian matematika bilangan cacah. Pada siklus I jumlah skor aktivitas 71 poin dan meningkat di siklus II dengan jumlah skor 81 poin. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan jari-jari tangan dapat diterapkan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat membuat siswa lebih aktif dalam menyelesaikan soal-soal perkalian bilangan cacah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103948

Actions (login required)

View Item View Item