Prasetyono, Bayu Tatag (2011) Peningkatan hasil belajar bangun ruang melalui teori belajar Van Hiele pada siswa kelas V SDN Sumbersari 2 Malang / Bayu Tatag Prasetyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Van Hielle Bangun Ruang SD. Hasil tes awal siswa kelas V SDN sumbersari 2 Malang sebelum menerapkan teori Van Hielle pada materi bangun ruang keseluruhan siswa belum mencapai KKM. Hal tersebut disebabkan karena siswa kelas V SDN Sumbersari 2 belum memahami sifat bangun ruang. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang yaitu dengan menerapkan teori Van Hielle. Teori Van Hielle merupakan teori yang mampu menjebatani perbedaan karakteristik siswa yang berada pada tahap operasional konkret dengan karakteristik matematika yang bersifat abstrak. Terdapat lima tingkatan pada teori Van Hielle yaitu (1) tahap pengenalan (2) tahap analisis dan (3) tahap pengurutan (5) tahap deduksi (6) tahap akurasi. Dalam penerapan pada pembelajaran teori Van Hielle juga memiliki 5 fase yaitu (1) fase informasi (2) fase orientasi lansung (3) fase penjelasan (4) fase orientasi bebas (5) fase integrasi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan teori Van HIelle dalam pembelajaran sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Sumbersari 2 Malang. Selain itu mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan teori Van Hielle untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar keliling bangun datar pada siswa kelas V SDN Sumbersari 2 Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang guru kelas V dan seluruh siswa kelas V SDN Sumbersari 2 Malang. Adapun prosedur dalam penelitian ini yaitu (1) Perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi dan Evaluasi (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa (1) pedoman observasi (2) pedoman dokumentasi (3) LKS (4) soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan teori Van Hiele dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata kelas keaktifan siswa dari siklus I dengan nilai 2 73 meningkat menjadi 2 99 atau meningkat sebesar 6 50 %. Sedangkan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu berturut-turut dari pra tindakan tidak ada yang mencapai ketuntasan minimum pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan minimum meningkat menjadi 21 05% dan pada siklus II meningkat 31 58% dari siklus I.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |