Peningkatan pembelajaran IPA dengan penggunaan CD interaktif di kelas VI MIN Beji Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ahmad Zamroni Lutfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPA dengan penggunaan CD interaktif di kelas VI MIN Beji Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ahmad Zamroni Lutfi

Lutfi, Ahmad Zamroni (2011) Peningkatan pembelajaran IPA dengan penggunaan CD interaktif di kelas VI MIN Beji Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ahmad Zamroni Lutfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran IPA CD Interaktif SD Kualitas pembelajaran IPA pada materi tata surya yang dilaksanakan di kelas VI MIN Beji Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan tergolong rendah. Dari 20 siswa hanya 50% (10 siswa) yang mampu menguasai materi pembelajaran dengan nilai rata-rata kelas 62. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) Langkah-langkah penggunaan CD Interaktif pada mata pelajaran IPA materi tata surya pada siswa kelas VI MIN Beji (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa dan (3) Peningkatan hasil belajar siswa. Pemecahan masalah dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif menggunakan CD Interaktif. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI MIN Beji Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan semester II tahun pelajaran 2010-2011 yang berjumlah 20 anak. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui tes observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa secara deskriptif prosentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini sebagai berikut (a) Guru membagi siswa ke dalam 5 (lima) kelompok (b) Tiap kelompok mendapat 1 (satu) unit komputer dengan program Jelajah Antariksa (c) Guru menjelaskan cara mengoperasikan aplikasi Jelajah Antariksa dan teknik pencarian data (d) Guru membagikan LKS (e) Tiap kelompok melakukan presentasi (f) Guru melaksanakan tes evaluasi (g) Guru meminta kesan siswa pemberian penghargaaan dan PR (2) Tingkat aktivitas belajar IPA siswa pada siklus I sebesar 70 85% dan pada siklus II sebesar 82.3% atau meningkat 11 45% (3) Hasil belajar IPA siswa pada siklus I memenuhi skor 68 6 dengan ketuntasan belajar 55% atau meningkat jika dibandingkan dengan hasil belajar pra penelitian sebesar 62 dengan ketuntasan belajar 50%. Pada siklus II meningkat menjadi 71 8 dengan ketuntasan belajar 85% atau meningkat 30% jika dibandingkan siklus I dan memenuhi indikator keberhasilan penelitian karena itu penelitian ini dinyatakan selesai. Peneliti menyarankan agar penggunaan CD Interaktif ini dapat diterapkan sebagai variasi pembelajaran di kelas agar siswa tidak merasa jenuh dalam dan menjadi aktif. Pada penelitian ini masih ada 3 siswa (15%) yang belum tuntas belajar. Peneliti berharap kepada peneliti lain yang melaksanakan kegiatan penelitian melalui media pembelajaran yang sama agar meningkatkan hasil tersebut menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103946

Actions (login required)

View Item View Item