Penggunaan teori belajar Van Hielle untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang geometri di kelas 3 SDN Lesanpuro 2 Kota Malang / Agus Supriyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan teori belajar Van Hielle untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang geometri di kelas 3 SDN Lesanpuro 2 Kota Malang / Agus Supriyono

Supriyono, Agus (2011) Penggunaan teori belajar Van Hielle untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang geometri di kelas 3 SDN Lesanpuro 2 Kota Malang / Agus Supriyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci teori Van Hiele meningkatkan hasil belajar konsep segiempat Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas III SDN Lesanpuro 2 Kota Malang pada waktu pembelajaran Matematika didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru masih kurang maksimal kesimpulan ini diperoleh dari kemampuan siswa dalam memahami unsur dan sifat-sifat bagun datar sederhana yang minim pada saat dilaksanakan tes awal disamping itu sedikitnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran membuat siswa kurang aktif serta tanggap dalam pembelajaran terlebih dimana dalam pembelajaran Matematika idealnya diajarkan sesuai dengan tahap berpikir anak. Dari serangkaian observasi yang dilakukan dari prosentasi nilai yang didapat pada tes awal pada pembelajaran geometri menunjukkan rata-rata hasil evaluasi siswa hanya mencapai 2 5 %. Sedangkan KKM yang ditetapkan yaitu 65. Untuk itu agar dapat meningkatkan pemahaman geometri perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menrapkan teori belajar Van Hiele. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penggunaan teori belajar Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang geometri di kelas 3 SDN Lesanpuro 2 Kota Malang (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran geometri dengan menggunakan belajar Van Hiele tentang geometri di kelas 3 SDN Lesanpuro 2 Kota Malang dan (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menerapkan teori belajar Van Hiele tentang geometri di kelas 3 SDN Lesanpuro 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas III SDN Lesanpuro 2 Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui peningkatan pemahaman belajar geometri melalui teori belajar Van Hiele pada siswa kelas III SDN Lesanpuro 2 Kota Malang materi memahami unsur dan sifat-sifat bagun datar sederhana dapat dilaksnakan dengan efektif. KKM dari kemampuan memahami geometri yang diperoleh dari evaluasi belajar meningkat dari 80% pada siklus I meningkat menjadi 84% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitan dapat disarankan hendaknya guru menggnakan toeri Van Hiele dalam pembelajaran goemetri untuk lebih meningkatkan aktivitas daya pikir dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103945

Actions (login required)

View Item View Item