Penerapan model savi untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IVA SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Theresia Natasian - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model savi untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IVA SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Theresia Natasian

Natasian, Theresia (2011) Penerapan model savi untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IVA SDN Madyopuro 1 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Theresia Natasian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran IPA Model SAVI Pembelajaran IPA model SAVI merupakan pembelajaran yang menggabung kan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indra yang dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Melalui penerapan model SAVI siswa mendapat kesempatan terlibat secara aktif pada pembelajaran sekaligus seluruh kompetensi siswa dapat berkembang secara optimal. Hasil observasi awal di SDN Madyopuro 1 Malang di temukan permasalahan yaitu hasil belajar siswa sebagian besar nilainya bawah standar KKM. Akar penyebab hasil belajar siswa di bawah standar KKM 70 karena guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut dilakukan penelitian dengan menerapkan model SAVI pada pembelajaran IPA. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) bagaimanakah penerapan model SAVI pada pembelajaran IPA 2) bagaimanakah aktivitas siswa selama penerapan model SAVI 3) apakah hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan model SAVI . Penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas dengan analisis data deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi tes dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan alur penelitian PTK yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian mengatakan bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 69 15 termasuk kategori (rendah) dan pertemuan 2 yaitu 75 93 dan pada siklus II pertemuan 1 yaitu 72 30 dan pertemuan kedua 82 73 kategori (tinggi) dan hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 60 39 termasuk kategori (rendah) dan pertemuan 2 hasil belajar siswa 70 65 termasuk kategori(cukup). Pelaksanaan tindakan siklus I pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 meningkat sebesar (10 26%). sedangkan siklus II pertemuan 1 hasil belajar siswa 72 79 termasuk kategori(cukup) dan pertemuan 2 mencapai 78 37 termasuk kategori(tinggi). Pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan sebesar (5 58%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan model SAVI dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Madyopuro 1 Malang. Untuk itu disarankan bagi guru agar dapat memberikan akses kepada siswa untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang bersifat student centers melalui penerapan model SAVI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103943

Actions (login required)

View Item View Item