Anida, Luluk (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model stad dengan teknik perkalian nappier untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang perkalian pada siswa kelas II SDN Kebonsari 4 kota Malang / Luluk Anida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kooperatif STAD teknik perkalian Nappier hasil belajar. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang erat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep yang benar terhadap matematika sangat diperlukan. Perkalian merupakan salah satu materi dalam matematika yang utama. Kemampuan menyelesaikan perkalian dengan teknik bersusun siswa kelas II SDN Kebonsari 4 sehingga siswa tidak dapat mencapai SKM yang ditentukan. Pembelajaran cenderung klasikal sehingga siswa kurang dapat bekerja sama dalam kelompok. Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk mencapai ketuntasan siswa dalam belajar sesuai dengan SKM yang ditetapkan dalan KTSP SDN Kebonsari 4 yaitu 70. Tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaram kooperatif model STAD dengan teknik perkalian Nappier. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas (1) penetapan fokus masalah (2) perencanaan tindakan perbaikan (3) pelaksanaan tindakan perbaikan (4) observasi dan interpretasi (5) analisis dan refleksi dan (6) perencanaan tindak lanjut. Peneliti bertindak sebagai perancang pengelola instrument dan pelaksana tindakan. Subjek peneliti sebanyak 34 siswa. Data dan sumber data yaitu hasil belajar siswa kemampuan bekerjasama kemampuan menerima perbedan kemampuan akademik siswa lain kegiatan mengajar guru dan respon siswa. Pengumpulan data melaui observasi tes wawancara dan dokumentasi.nstrumen yang digunakan adalah lembar observasi tes dan pedoman wawancara. Analisis data evaluasi dan refleksi dilakukan secara kualitatif yaitu reduksi data penyajian data dan pemberian kesimpulan. Peningkatan hasil hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep secara klasikal pada siklus I 52% dan siklus II 86 %. Kemampuan bekerjasama pada siklus I 43 5 % dan siklus II 88% dan penerimaan terhadap perbedan kemampuan akademik siswa lain pada siklus I 43% dan siklus II 85%. Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dengan teknik perkalian Nappier dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang perkalian. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan guru dapat menciptakan inovasi dalam meningkatkan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |