Studi tentang aktivitas belajar anak jalanan siswa SD (studi kasus di SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang) / Frebinta Ainu Shofiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang aktivitas belajar anak jalanan siswa SD (studi kasus di SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang) / Frebinta Ainu Shofiyah

Shofiyah, Frebinta Ainu (2011) Studi tentang aktivitas belajar anak jalanan siswa SD (studi kasus di SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang) / Frebinta Ainu Shofiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci aktivitas belajar anak jalanan siswa SD Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SDN Tanjungrejo 5 diketahui terdapat 4 siswa yang merupakan anak jalanan. Mereka pada pagi hari belajar di sekolah na mun pada siang dan sore harinya turun ke jalan untuk bekerja. Mereka lebih sering berada di jalan daripada bermain atau belajar di rumah. Berkaitan dengan itu maka dilakukan kajian tentang aktivitas belajar anak jalanan siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar penyebab siswa SDN Tanjungrejo 5 turun ke jalan gambaran kehidupan siswa di jalan aktivitas belajar siswa di sekolah dan di luar sekolah hasil belajar yang diperoleh siswa masalah-masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran serta solusi terhadap masalah-masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen utama yang berhubungan langsung dengan subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan kehadiran ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil temuan diperoleh bahwa orang tua siswa SDN Tanjungrejo 5 yang bernama HLF bekerja sebagai tukang rombeng dan pengamen. Sama halnya dengan orang tua IDR dan JY yang juga bekerja sebagai tukang rosok dan pengamen. Sedangkan orang tua RN bekerja sebagai tukang rosok dan tukang becak. Penghasilan yang kurang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup menyebabkan HLF IDR JY dan RN ikut bekerja di jalan sebagai pengamen dengan penghasilan antara Rp 10.000 00-Rp 20.000 00 per hari. Mereka pagi hari bersekolah namun sore sampai malam harinya bekerja di jalan. HLF bekerja di perempatan Dieng pukul 15.00-22.00 WIB. IDR dan JY bekerja di daerah ITN Sumbersari Dinoyo Soekarno Hatta Galunggung dan Pulosari pukul 14.00-23.00 WIB. Sedangkan RN bekerja di alun-alun Kota Malang pukul 15.00-21.00 WIB. Aktivitas belajar di sekolah meliputi memperhatikan penjelasan guru mencatat materi yang telah dijelaskan membaca materi bertanya jika ada yang belum dimengerti dan mengerjakan tugas yang diberikan guru. Aktivitas belajar di luar sekolah dari keempat anak jalanan tersebut berbeda satu sama lain. HLF belajar secara berkelompok dengan teman yang rumahnya berdekatan. IDR dan JY mengikuti bimbingan di sanggar belajar khusus anak jalanan yang ada di dekat rumahnya. Sedangkan RN lebih sering belajar secara mandiri di rumah. Akan tetapi lama waktu yang dihabiskan untuk bekerja di jalan lebih banyak dari pada waktu untuk belajar dan bermain. Pembagian waktu antara belajar bermain dan bekerja yang kurang seimbang serta dukungan orang tua terhadap pendidikan yang minim dalam menyediakan fasilitas belajar anak menyebabkan hasil belajar sebagian besar anak jalanan tersebut rendah. Sikap anak jalanan yang kadang semaunya sendiri dan sering membuat masalah ketika pembelajaran membutuhkan perhatian dan kesabaran yang lebih dari pihak guru. Pujian dan dorongan juga sangat diperlukan untuk membangun motivasi belajar siswa anak jalanan. Sedangkan untuk kelengkapan fasilitas belajar telah diusahakan oleh pihak sekolah bantuan berupa beasiswa seperti GNOTA (Gerakan Nasional Orang Tua Asuh) dari pemerintah pusat dan daerah serta dari yayasan atau lembaga tertentu seperti YDSF (Yayasan Dana Sosial Al-Falah) Masjid Ahmad Yani. Penelitian ini belum membandingkan secara rinci aktivitas belajar anak jalanan siswa SDN Tanjungrejo dengan siswa yang bukan anak jalanan. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian yang menitikbe ratkan pada perbandingan aktivitas belajar siswa anak jalanan dengan siswa yang bu kan anak jalanan di SDN Tanjungrejo 5.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103938

Actions (login required)

View Item View Item