Penerapan permainan kartu domino pecahan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkalian pecahan siswa kelas V SDN Oro-Oro Dowo Malang / Herlina Niraningtiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan kartu domino pecahan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkalian pecahan siswa kelas V SDN Oro-Oro Dowo Malang / Herlina Niraningtiyas

Niraningtiyas, Herlina (2011) Penerapan permainan kartu domino pecahan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkalian pecahan siswa kelas V SDN Oro-Oro Dowo Malang / Herlina Niraningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci permainan kartu domino pecahan aktivitas hasil belajar Berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan peneliti di kelas V SDN Oro-oro Dowo Kota Malang diperoleh data bahwa pembelajaran belum dapat mengaktifkan siswa. Dari hasil tes menunjukkan 30% siswa belum dapat mengalikan berbagai bentuk pecahan dan 80% siswa belum dapat mengalikan bilangan asli dengan bilangan pecah. Hal tersebut dikarenakan siswa masih belum memahami perkalian pada bilangan pecah. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) penerapan permainan kartu domino pecahan (2) penerapan strategi permainan kartu domino pecahan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa (3) penerapan strategi permainan kartu domino pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif dan dilaksanakan dalam dia siklus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN oro-oro Dowo Kota Malang sebanyak 31 siswa. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi guru dan siswa tes lembar catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan presentase aktivitas pada siklus I mencapai 59 37% sedangkan presentase aktivitas belajar siswa pada siklus II mencapai 93 75%. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan 34 38%. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 68 35 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 61 % sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus II mencapai 77 11 dengan ketuntasan klasikal 81 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kartu domino pecahan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perkalian berbagai bentuk pecahan. Sehingga dapat disarankan dalam pembelajaran matematika guru dapat menggunakan permainan kartu domino pecahan untuk melatih keterampilan siswa dalam mengalikan berbagai bentuk pecahan. Sedangkan bagi peneliti lain diharapkan dapat memperbaiki kekurangan dalam penelitian selanjutnya tentang penerapan permainan kartu domino pecahan sehingga dapat terlaksana lebih sempurna lagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103937

Actions (login required)

View Item View Item